Rimadani, Ety (2017) Penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa melalui pembelajaran guided inquiry berstrategi scaffolding pada materi suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Krian / Ety Rimadani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rimadani Ety. 2015. Penguasaan Konsep dan Penalaran Ilmiah Siswa Melalui Pembelajaran Guided Inquiry Berstrategi Scaffolding Pada Materi Suhu dan Karol di SMA Negeri 1 Krian Sidoarjo. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si. (II) Dr. Markus Diantoro M.Si. Keywords suhu dan kalor guided inquiry scaffolding penguasaan konsep penalaran ilmiah. Suhu dan kalor merupakan salah satu topik yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari namun fenomenanya sulit dijelaskan secara ilmiah oleh siswa. Kesulitan siswa pada materi suhu dan kalor seringkali mengenai memahami kalor panas energy internal. Hal ini dikarenakan konsep dalam materi suhu dan kalor saling berkaitan sehingga penguasaan konsep menjadi tumpang tindih. Kesulitan tersebut disebabkan oleh pembelajaran fisika yang sering dilakukan dengan cara ceramah tanpa melakukan praktikum secara langsung. Tujuan utama dari penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa. Oleh sebab itu dilakukan penelitian melalui pembelajaran guided inquiry berstrategi scaffolding untuk mengukur penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan rancangan mixed methods dengan model embedded experimental. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas X SMA Negeri 1 Krian Sidoarjo. Instrumen tes berupa 8 soal pilihan ganda beralasan dengan reliabilitas 0.504 untuk mengumpulkan data penguasaan konsep siswa dan 5 soal uraian dengan reliabilitas 0.848 untuk mengumpulkan data penalaran ilmiah siswa. Analisis kuantitatif berdasarkan data jawaban siswa melalui statistik deskriptif paired sample t-test N-gain dan effect size. Analisis kualitatif berdasarkan data penjelasan jawaban siswa dan lembar kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan penalaran ilmiah mengalami peningkatan. Pembelajaran guided inquiry berstrategi scaffolding berpengaruh pada keberhasilan siswa dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa yang ditunjukkan oleh perhitungan N-gain sebesar 0.51 yang tergolong kategori sedang dan ditunjukkan oleh pilihan jawaban dan penjelasan yang diberikan oleh siswa. Penalaran ilmiah siswa menunjukkan peningkatan dari nilai perhitungan N-gain sebesar 0.37 dengan kategori seedang dan dari tiap pola penalaran ilmiah siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya level penalaran ilmiah siswa. ABSTRACT Rimadani Ety. 2015. Students Conceptual Understanding and Scientific Reasoning Through Guided Inquiry Learning with Strategy of Scaffolding in Heat and Temperature at SMA Negeri 1 Krian Sidoarjo. Thesis Physics Education Program Graduated School Universitas Negeri Malang. Adviser (I) Dr. Parno M.Si. (II) Dr. Markus Diantoro M.Si. Keywords heat and temperature guided inquiry scaffolding conceptual understanding scientific reasoning. Heat and temperature are among the topics that are very close to everyday life but the phenomenon is difficult to explain scientifically to the students. Student difficulties on temperature and heat matter are often about understanding heat hot internal energy. This is because the concepts in temperature and heat matter are interrelated so conceptual understanding becomes overlapped. Difficulties are caused by the learning of physics is often done by way of lectures without doing a lab work directly. The main purpose of this research is to improve conceptual understanding and scientific reasoning. Therefore research is done through guided inquiry learning scheme strategy to measure student s conceptual understanding and scientific reasoning on heat and temperature material. This research uses mixed methods design with embedded experimental model. The subjects were 29 students of grade X SMA Negeri 1 Krian Sidoarjo. The test instrument in the form of 8 multiple choice questions reasoned with reliability of 0.504 to collect data students conceptual understanding and 5 questions with reliability question 0.848 to collect students scientific reasoning data. Quantitative analysis based on student s answer data through descriptive statistic paired sample t-test N-gain and effect size. Qualitative analysis based on data explanation of student answers and student worksheets. The results showed that the conceptual understanding and scientific reasoning has increased. Guided inquiry learning strategy scaffolding effect on students success in improving students conceptual understanding shown by N-gain calculation of 0.51 which is classified as medium category and indicated by the choice of answers and explanations given by the students. Student s scientific reasoning shows an increase of the N-gain calculation value of 0.37 with the seed category and from each student s scientific reasoning pattern shown by the increasing level of students scientific reasoning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59881 |
Actions (login required)
View Item |