Pembelajaran discovery learning dengan contrasting cases pada materi fluida statis untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa / Rima Buana Prahastiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran discovery learning dengan contrasting cases pada materi fluida statis untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa / Rima Buana Prahastiwi

Prahastiwi, Rima Buana (2017) Pembelajaran discovery learning dengan contrasting cases pada materi fluida statis untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa / Rima Buana Prahastiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prahastiwi Rima Buana. 2017. Pembelajaran Discovery Learning dengan Contrasting Cases pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. (II) Dr. Wartono M.Pd. Kata Kunci Pemahaman konsep fluida statis contrasting cases discovery learning Pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan penting dalam pembelajaran fisika. Berdasarkan studi pendahuluan di SMA Negeri 8 Kediri diketahui bahwa pemahaman konsep siswa tentang fluida statis rendah yang disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami materi fluida statis. Rendahnya pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan menggunakan pembelajaran tertentu misalnya discovery learning dengan contrasting cases. Dalam penelitian ini dilakukan kajian untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep fisika menggunakan pembelajaran discovery learning contrasting cases pada materi fluida statis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dan level pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis setelah pembelajaran discovery learning dengan constrasting cases. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain embedded experimental model untuk menggali secara lengkap subjek penelitian. Subjek penelitian terdiri dari 33 siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 8 Kediri. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep yang terdiri atas 12 soal pilihan ganda beralasan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t berpasangan effect size N-gain crosstabulation dan analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa dengan N-gain pada kategori sedang. Berdasarkan alasan jawaban siswa terjadi peningkatan level pemahaman konsep siswa. Pemahaman konsep masih pada kategori sedang dapat disebabkan siswa kurang tepat dalam menafsirkan ciri penting yang terdapat pada soal pre-post test. ABSTRAK Prahastiwi Rima Buana. 2017. Pembelajaran Discovery Learning dengan Contrasting Cases pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. (II) Dr. Wartono M.Pd. Kata Kunci Pemahaman konsep fluida statis contrasting cases discovery learning Pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan penting dalam pembelajaran fisika. Berdasarkan studi pendahuluan di SMA Negeri 8 Kediri diketahui bahwa pemahaman konsep siswa tentang fluida statis rendah yang disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami materi fluida statis. Rendahnya pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan menggunakan pembelajaran tertentu misalnya discovery learning dengan contrasting cases. Dalam penelitian ini dilakukan kajian untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep fisika menggunakan pembelajaran discovery learning contrasting cases pada materi fluida statis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dan level pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis setelah pembelajaran discovery learning dengan constrasting cases. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain embedded experimental model untuk menggali secara lengkap subjek penelitian. Subjek penelitian terdiri dari 33 siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 8 Kediri. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep yang terdiri atas 12 soal pilihan ganda beralasan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t berpasangan effect size N-gain crosstabulation dan analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa dengan N-gain pada kategori sedang. Berdasarkan alasan jawaban siswa terjadi peningkatan level pemahaman konsep siswa. Pemahaman konsep masih pada kategori sedang dapat disebabkan siswa kurang tepat dalam menafsirkan ciri penting yang terdapat pada soal pre-post test.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59880

Actions (login required)

View Item View Item