Kegiatan pembelajaran kelompok dan perkembangan sikap sosial siswa kelas V MIN Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo / Nova Estu Harsiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kegiatan pembelajaran kelompok dan perkembangan sikap sosial siswa kelas V MIN Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo / Nova Estu Harsiwi

Harsiwi, Nova Estu (2015) Kegiatan pembelajaran kelompok dan perkembangan sikap sosial siswa kelas V MIN Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo / Nova Estu Harsiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harsiwi Nova Estu. 2015.Kegiatan Pembelajaran Kelompok dan Perkembangan Sikap Sosial Siswa Kelas V MIN Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo.Skripsi Jurusan KependidikanSekolahDasardanPraSekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd. M.Pd (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Belajar kelompok perkembangan sikap sosial Sikap adalah penilaian seseorang terhadap suatu objek situasi konsep orang lain maupun dirinya sendiri sebagai akibat dari proses belajar/pengalaman lapangan secara konsisten.Guru wajib melakukan pengembangan sikap seimbang dengan pengembangan kognitif dan psikomotor siswa (Permendiknas no. 67 tahun 2013).Dalam kegiatan belajar kelompok terdapat nilai-nilai sikap sosial yang dapat dipraktekkan secara langsung oleh siswa dan guru dapat melakukan pengukuran sikap melalui observasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikangambaranperkembangansikapsosialsiswakelas V MIN Janti yang dinilaiketika guru menggunakankegiatanbelajarkelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian deskriptif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama.Penelitian dilakukan di kelasVa MIN Jantipadatahunajaran 2014/2015.Sumber data primer berupa perilaku siswa yang tampak pada proses belajar kelompok berlangsung sedangkansumber data sekunder berupa dokumentasi foto dan catatan lapangan. Pengumpulandata menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan. Pengecekankeabsahantemuan dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Tahap-tahap penelitian meliputi persiapan pelaksanaan dan pengolahan data. Berdasarkanhasilpembahasankegiatanbelajarkelompok yang dilaksanakandikelas VA MIN Jantimenggunakanmetodediskusikelompok.Cara pembagiankelompok yang berbedamenyebabkanrespon yang ditunjukkanbeberapasiswaberbeda.Secarakeseluruhansiswakelas Vdapatdikatakanbergairah/bersemangatdalamkegiatanbelajarkelompok.Penerimaan siswa dalam pembagian kelompok kesediaan siswa bekerja dalam kelompok keterlibatan siswa berdiskusi dengan teman kelompok keterlibatan siswa memberikan ide pemecahan masalah perasaan memiliki pekerjaan teman satu kelompok kerjasama siswa dalam mengerjakan tugas pembagian tugas/pekerjaan bagi anggota kelompok penyelesaian tugas/pekerjaan kelompok serta ketahanan siswa bekerja/belajar dalam kelompok secara keseluruhan sudah baik. Saran bagi guru dalam pembelajaran hendaknya selalu berada di kelas untuk mendampingi siswa belajar. Saran bagipenelitiselanjutnyauntukmelakukanpenelitianeksperimenataupenelitian yang lain agar poinsikapsosial yang penelitisimpulkankurangbaikdapatditingkatkanmenjadibaikdandapatditemukanfaktor-faktor yang mempengaruhisikapsosialsiswakelas V di MIN JantiKecamatanSlahungKabupatenPonorogo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5988

Actions (login required)

View Item View Item