Kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fisika siswa melalui pembelajaran problem based learning dengan scaffolding konseptual pada topik gelombang mekanik / Hadriansyah Ahmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fisika siswa melalui pembelajaran problem based learning dengan scaffolding konseptual pada topik gelombang mekanik / Hadriansyah Ahmad

Ahmad, Hadriansyah (2017) Kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fisika siswa melalui pembelajaran problem based learning dengan scaffolding konseptual pada topik gelombang mekanik / Hadriansyah Ahmad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahmad Hadriansyah. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning dengan Scaffolding Konseptual pada Topik Gelombang Mekanik. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si (II) Dr. Siti Zulaikah M.Si. Kata kunci gelombang mekanik kemampuan pemecahan masalah penguasaan konsep problem based learning scaffolding konseptual Gelombang mekanik merupakan salah satu topik fisika yang fundamental namun penelitian pada topik ini masih relatif sedikit. Hasil penelitian yang ada mengungkapkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan mengenai penguasaan konseptual pada topik gelombang mekanik. Kesulitan mengenai penguasaan konseptual pada topik ini berdampak pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa adalah pembelajaran problem based learning dengan scaffolding konseptual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan ma-salah fisika siswa pada topik gelombang mekanik melalui pembelajaran problem based learning dengan scaffolding konseptual. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain embedded experimental model. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas XI MIA 1 MAN Ngalawak Kertosono pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes wawancara dan angket respon. In-strumen tes yang digunakan adalah tes penguasaan konsep dan tes pemecahan ma-salah yang berupa soal uraian. Data kuantitatif dianalisis dengan uji t-berpasangan N-gain dan effect size sedangkan data kualitatif dianalisis melalui reduksi data pengodingan data deskripsi dan interpretasi. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan (1) siswa mengalami pening-katan penguasaan konsep setelah pembelajaran dengan N-gain sebesar 0 23 (kate-gori rendah) dan effect size sebesar 1 22 (kategori kuat) (2) peningkatan penguasaan konsep siswa yang dikategorikan rendah dikarenakan masih banyak-nya siswa yang tergolong tidak menguasai konsep dan mengalami miskonsepsi setelah pembelajaran terutama mengenai konsep resonansi dan hubungan v 955 f (3) kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat setelah pembelajaran dengan N-gain sebesar 0 44 (kategori sedang) dan effect size sebesar 2 46 (kategori kuat) (4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa ditunjukkan dengan langkah-langkah pemecahan masalah yang lebih baik dan lebih banyaknya siswa yang tergolong expert saat post-test. ABSTRACT Ahmad Hadriansyah. 2017. Students Problem Solving Ability and Conceptual Understanding of Mechanical Wave through Problem Based Learning with Conceptual Scaffolding. Thesis Departement of Physics Education Graduate School Universitas Negeri Malang. Supervisor (I) Dr. Parno M.Si (II) Dr. Siti Zulaikah M.Si. Keywords conceptual scaffolding conceptual understanding mechanical wave problem based learning problem solving ability. Mechanical waves is one of the fundamental physics topics. Unfortunately research on this topic is still relatively rare. The research shows that students still have difficulties to understanding the concepts of mechanical waves. The difficul-ties to understand the concepts on this topic have an impact on students problem solving ability. One of the learning that can improve students conceptual under-standing and develop students problem solving ability in physics is through prob-lem based learning with conceptual scaffolding. The aim of this study was to know students conceptual understanding and problem solving ability on the topic of mechanical wave through problem based learning with conceptual scaffolding This study used embedded experimental model. Subject consisted of 32 students of class XI MIA 1 MAN Ngalawak Kertosono in the even semester of the academic year 2016/2017. The data in this study were obtained through test interview and response questionnaire. The tests instrument tests used in this study consisted of conceptual tests and problem solving tests in the form of description questions. Quantitative data were analyzed by paired t-test N-gain and effect size while qualitative data were analyzed through data recovery data coding descrip-tion and interpretation. The results and analysis shows that (1) students hold increased conceptu-al understanding after learning with N-gain of 0.23 (low category) and effect size of 1.22 (strong category) (2) the low category of the increased of students concep-tual understanding because there are still many students who do not understand the concepts and hold misconceptions after learning especially in the concepts of resonance and relationship v 955 f (3) students hold increased problem solving ability after learning with N-gain of 0.44 (medium category) and effect size of 2.46 (strong category) (4) the increased of students problem solving ability was demonstrated by better problem solving steps and more students belonging to the expert category at the post-test.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59878

Actions (login required)

View Item View Item