Susiana, Nora (2017) Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMA kelas X melalui model interactive demonstration dengan thinking maps pada materi hukum Newton / Nora Susiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Susiana Nora. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Kelas X melalui Model Interactive Demonstration dengan Thinking Maps pada materi Hukum Newton. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd (2) Dr. Eny Latifah S.Si M.Si Kata Kunci interactive demonstration thinking maps kemampuan pemecahan masalah. Hukum Newton merupakan materi yang berkaitan dengan berbagai fenomena di lingkungan sekitar. Dalam memahami Hukum Newton siswa cenderung tidak memahami arti fisisnya. Beberapa siswa mengalami kesulitan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan persamaan matematis dan aplikasi. Penerapan pembelajaran Interactive Demonstration membantu siswa berpikir dan menyelesaikan permasalahan Hukum Newton. Pembelajaran interactive demonstration dengan thinking maps akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas kemampuan pemecahan masalah dan membuat thinking maps siswa SMA kelas X melalui model interactive demonstration dengan thinking maps pada materi Hukum Newton. Metode penelitian ini adalah mixed methods dengan model embedded experimental. Subyek penelitian terdiri dari 33 siswa kelas X SMAN 1 Singosari. Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah menggunakan 12 soal esai. Analisis data kualitatif menggunakan rubrik penilaian kemampuan pemecahan masalah dan rubrik penilaian thinking maps. Analisis data kuantitatif menggunakan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kemampuan pemecahan masalah siswa dengan hasil pretest sangat rendah dengan rata-rata jawaban siswa termasuk dalam kategori 0 1. Hal ini menunjukkan siswa masih kesulitan dalam menjawab permasalahan dalam bentuk soal. Pada posttest mengalami peningkatan dengan rata-rata kategori 3 dan 4 yang menunjukkan siswa telah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik dalam mengerjakan permasalahan. Penerapan model interactive demonstration dengan thinking maps mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil uji-t berpasangan menunjukkan signifikansi 0 000
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59876 |
Actions (login required)
View Item |