Analisis kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika dalam cooperative learning tipe Co-op Co-op dengan diagram Vee / Khalifatur Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika dalam cooperative learning tipe Co-op Co-op dengan diagram Vee / Khalifatur Rahman

Rahman, Khalifatur (2017) Analisis kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika dalam cooperative learning tipe Co-op Co-op dengan diagram Vee / Khalifatur Rahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahman Khalifatur. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa dalam Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op dengan Diagram Vee. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Pascasarjana Universitas Negeri malang. Pembimbing (1) Dr. H. Wartono M.Pd. (2) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci kemampuan berpikir kritis penguasaan konsep cooperatitive Co-op Co-op diagram vee. Kemampuan berpikir kritis untuk menguasai konsep sangat penting bagi siswa sebagai upaya menyelesaikan permasalahan fisika. Permasalahan fisika banyak mengaplikasikan hubungan antar konsep fisika. Cooperative learning tipe Co-op Co-op dengan diagram Vee merupakan salah satu alternative untuk memperbaiki kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika. Diagram Vee merupakan Scaffolding yang baik untuk memperbaiki kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika. Hal tersebut mengindikasikan akan memberi pembelajaran bermakna pada siswa sehingga siswa mampu memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika. Oleh karena itu pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan cooperative learning tipe Co-op Co-op. Rancangan penelitian ini menggunakan mixed method design dengan embedded experimental model. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA-1 SMA Negeri 2 Pamekasan tahun pelajaran 2016-2017. Instrumen penelitian dalam penelitian ini terdiri dari 2 jenis instrument yaitu instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi silabus RPP dan lembar kerja siswa dengan diagram Vee. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu butir soal tes lembar obsevasi dan kuesioner. Kusioner dalam penelitian ini ada dua yaitu qusioner respon siswa terhadap pembelajaran dan quesioner wawan cara dengan guru. Teknis analisis yang akan digunakan pada penelitian ini terdiri atas analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan cooperative learning tipe Co-op Co-op dengan diagram Vee dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan peningkatan tersebut ditunjukkan N-gain score 0 63 (katagori sedang). Hal ini terjadi karena tahapan diagram Vee dapat terintegrasi untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Cooperative learning tipe Co-op Co-op dengan diagram Vee dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa peningkatan tersebut ditunjukkan N-gain score 0 44 (katagori sedang). Hal ini terjadi karena penguasaan konsep siswa pada beberapa indikator penguasaan konsep cenderung mengalami penurunan sebesar 2% sedangkan peningkatan indikator yang lain tidak terlalu besar. ABSTRACT Rahman Khalifatur. 2017. Analysis of Critical Thinking Ability and Physics s Concept Acquisition in Cooperative Learning Co-op Co-op Type with Vee Diagram. Thesis. Department of Physics Education. Postgraduate of State University of Malang. Supervisor (1) Dr. H. Wartono M.Pd. (2) Dr. Parno M.Si. Key Words critical thinking mastery of concept cooperative learning Co-op Co-op type Vee Diagram. Critical thinking ability to concept acquisition is very important for students as an effort to solve physics problems. Many physics problems apply the relationship between physics concepts. Cooperative learning Co-op Co-op type with Vee diagram is one alternative to improve the ability of critical thinking and mastery of physics concept. Vee diagram is a good scaffolding to improve the ability of critical thinking and mastery of physics concepts. This indicates will provide meaningful learning to students so that students are able to improve and improve the ability to think critically and mastery of physics concepts. Therefore in this study aims to describe the ability to think critically and student physics s concept acquisition that learn with cooperative learning type Co-op Co-op. The design of this research used mixed method design with embedded experimental model. The subjects of this study were X-MIA-1 students of SMA Negeri 2 Pamekasan in academic year 2016-2017. The instrument in this research consists of 2 types of instruments its is treatment instruments and measuring instruments. The treatment instruments used syllabus lesson plan and worksheets with Vee diagram. Measurement instruments used in this study are test items obsevation sheets and questionnaires. Quesioner in this research there are two namely learning response and interview quesioner. The data were analysed quantitatively and qualitatively. The results showed that cooperative learning type Co-op Co-op with Vee diagram can anhance students critical thinking ability The enhancement was shown N-gain score 0.63 (moderate category). This happens because the Vee diagram stage can be integrated to train critical thinking ability. Cooperative learning Co-op Co-op type with Vee diagram can increase the physics s concepts acquisition The increase is shown N-gain score 0.44 (medium category). This happens because the physics s concepts acquisition on some indicators of physics s concepts acquisition tend to decrease by 2% while the other indicators increase is not too large.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59875

Actions (login required)

View Item View Item