Kemampuan pemecahan masalah fisika dan pola keterampilan berpikir dalam pembelajaran siklus belajar 5E pada materi momentum-impuls / Diyan Kurnia Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan pemecahan masalah fisika dan pola keterampilan berpikir dalam pembelajaran siklus belajar 5E pada materi momentum-impuls / Diyan Kurnia Agustin

Agustin, Diyan Kurnia (2017) Kemampuan pemecahan masalah fisika dan pola keterampilan berpikir dalam pembelajaran siklus belajar 5E pada materi momentum-impuls / Diyan Kurnia Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin Diyan Kurnia. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Pola Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Siklus Belajar 5E pada Materi Momentum-Impuls. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Siti Zulaikah M.Si. Kata Kunci kemampuan pemecahan masalah fisika pola keterampilan berpikir siklus belajar 5E Siklus Belajar 5E adalah model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah yang baik harus diiringi pula dengan pengembangan keterampilan berpikirnya untuk mencapai pemerolehan pengetahuan yang maksimal. Alat yang mampu memvisualisasikan keterampilan berpikir siswa yaitu thinking maps. Pembelajaran Siklus Belajar 5E yang dalam beberapa fasenya terdapat thinking maps tersebut diduga dapat meningkatkan dan mengungkap kemampuan pemecahan masalah serta pola keterampilan berpikir siswa pada materi momentum-impuls. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain embedded experimental model. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 SMA N 1 Lawang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 8 soal essay pedoman wawancara lembar kerja thinking maps dan keterlaksanaan pembelajaran. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran pemberian thinking maps hasil thinking maps tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data berupa teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif yaitu melalui analisis hasil thinking maps menggunakan rubrik M-A-PP-E-R hasil wawancara uji t berpasangan uji Ngain dan uji effect size serta penghitungan persentase keterampilan berpikir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Siklus Belajar 5E memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan dengan nilai thitung ttabel (19 969 1 690). Uji effect size menunjukkan pengaruh pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 4 05 dengan kategori kuat. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui uji Ngain mengalami peningkatan sebesar 0 64 dengan kategori sedang. Pola keterampilan berpikir berada pada tiga tingkat yaitu tingkat 1 pada rentang nilai 2-3 sebesar 11 11 % atau 4 siswa dengan deskripsi bahwa siswa menunjukkan sebuah level sederhana dalam memahami konsep momentum-impuls dan atau keterbatasan upaya tingkat 2 pada rentang nilai 4-6 sebesar 33 33 % atau 12 siswa dengan deskripsi siswa mampu menghadirkan tugas dan menunjukkan sebuah pemahaman dasar pada konsep momentum-impuls dan tingkat 3 pada rentang nilai 7-9 sebesar 55 55 % atau 20 siswa dengan deskripsi bahwa secara aktif siswa menggunakan pemikiran tentang konsep momentum-impuls dan memulai untuk menggabungkan serta memulai ide baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59873

Actions (login required)

View Item View Item