Pengaruh procedural scaffolding dalam problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan kemampuan awal pada materi momentum dan implus / Siwi Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh procedural scaffolding dalam problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan kemampuan awal pada materi momentum dan implus / Siwi Purwati

Purwati, Siwi (2017) Pengaruh procedural scaffolding dalam problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan kemampuan awal pada materi momentum dan implus / Siwi Purwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwati Siwi. 2017. Pengaruh Procedural Scaffolding dalam Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Kemampuan Awal pada Materi Momentum dan Impuls Tesis. Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd. M.A. (II) Dr. Siti Zulaikah M.Si. Kata Kunci procedural scaffolding problem based learning kemampuan pemecahan masalah kemampuan awal Kemampuan pemecahan masalah merupakan kompetensi yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh siswa dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah adalah PBL. Tetapi siswa mengalami kesulitan ketika memecahkan masalah dalam pembelajaran PBL sehingga diperlukan bantuan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Bantuan yang dapat digunakan dalam pembelajaran PBL adalah Diagram V. Diagram V merupakan jenis dari procedural scaffolding yang dapat membantu siswa ketika melakukan penyelidikan untuk memecahkan masalah. Hal lain yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan awal karena kemampuan awal dapat memprediksi keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah kelompok siswa yang diberi pembelajaran menggunakan procedural scaffolding dalam problem based learning dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi pembelajaran discovery learning pada materi momentum dan impuls (2) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah pada materi momentum dan impuls (3) mengetahui pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan desain faktorial. Tes kemampuan awal diberikan sebelum siswa diberi pembelajaran momentum dan impuls. Kemudian tes kemampuan pemecahan masalah diberikan setelah siswa mendapat pembelajaran momentum dan impuls. Sampel penelitian yaitu siswa SMA N 1 Wuyantoro Wonogiri kelas X MIPA yang berjumlah 110 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah kelompok siswa yang diberi pembelajaran menggunakan procedural scaffolding dalam problem based learning lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi pembelajaran discovery learning pada materi momentum dan impuls (2) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah pada materi momentum dan impuls (3) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi momentum dan impuls. ABSTRACT Purwati Siwi. 2017. The Effect of Procedural Scaffolding in Problem Based Learning to Problem Solving Skills based on Prior Knowledge of Momentum and Impulse Thesis. Graduate Shool in Physics Education State University of Malang. Advisors (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd. M.A. (II) Dr. Siti Zulaikah M.Si. Keywords procedural scaffolding problem based learning problem solving skills prior knowledgeProblem solving skills is a competence a student should have and improve in learning. One of learning models known for its capability to improve the problem learning skills is PBL. Despite its benefit students still find difficulties to solve a problem given in PBL therefore further scaffolding is required to achieve the learning objective. One kind of scaffolding to be used in a PBL class is Diagram V. Diagram V is a form of procedural scaffolding that can help students do investigation for solving a problem. Another factor which may contribute to problem solving skills is prior knowledge because it could predict student s success in achieving the learning goals. The objectives of the present investigation include 1) identifying the problem solving skills of students taught using procedural scaffolding in problem based learning compared to students taught with discovery learning in momentum and impulse (2) investigating the differences of the problem solving skill between students with different prior knowledge the high and low in momentum and impulse (3) understanding the interaction impacts between the learning strategies which consider prior knowledge to problem solving skills in momentum and impulse. This is a quasi-experimental study using factorial design. A test of prior knowledge was given to students preceding the learning of momentum and impulse. Following the learning activity a problem solving test was also administered. The sample of the study was 110 students in the 10th Grade of natural Science in senior high school WuryantoroWonogiri. The study result indicates (1) the problem solving skills of students taught using procedural scaffolding in problem based learning class is greater than those taught with discovery learning in momentum and impulse (2) there is a difference in the problem solving skills of the students with high and low prior knowledge in momentum and impulse (3) there is an interaction impact between the learning strategies considering the prior knowlegde to problem solving skills in momentum and impulse.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59872

Actions (login required)

View Item View Item