Pemahaman konsep gelombang mekanik dengan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran berbasis masalah / Adelina Ratna Sari Amina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman konsep gelombang mekanik dengan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran berbasis masalah / Adelina Ratna Sari Amina

Amina, Adelina Ratna Sari (2017) Pemahaman konsep gelombang mekanik dengan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran berbasis masalah / Adelina Ratna Sari Amina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amina Adelina Ratna Sari. 2017. Pemahaman Konsep Gelombang Mekanik dengan Strategi Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci pemahaman konsep pembelajaran berbasis masalah strategi konflik kognitif karakteristik gelombang mekanik. Konsep fundamental mengenai karakteristik umum gelombang mekanik dan bagaimana gerak partikel medium saat gelombang sedang merambat merupakan salah satu konsep yang sulit dipahami oleh siswa sehingga dibutuhkan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Penelitian dilaksanakan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman masalah siswa pada materi karakteristik gelombang mekanik dan mendeskripsikan kesulitan yang masih dialami siswa setelah diberikan intervensi dengan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan embedded experimental model. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas XI D-IV SMA Negeri 9 Malang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian berupa soal tes pemahaman konsep yang terdiri atas 15 soal pilihan ganda beralasan. Teknik analisis data terdiri dari uji paired t test N-Gain score dan effect size untuk mengukur peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa. Pengkodingan sebagai analisis data kualitatif digunakan untuk mengkategorikan level pemahaman konsep siswa dan mendeskripsikan kesulitan yang masih dimiliki oleh siswa setelah diberikan intervensi dengan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre dan post test berdasarkan uji paired t test dengan signifikansi sebesar 0 00. Pemahaman konsep siswa meningkat yang ditunjukkan dengan N-Gain score sebesar 0 33 dalam kategori sedang . Strategi konflik kognitif dalam pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh secara signifikan (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59871

Actions (login required)

View Item View Item