Pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 di kelas IV Sekolah dasar Negeri se-Kecamayan Sukun Kota Malang / Desinta Nur Amalina

Amalina, Desinta Nur (2015) Pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 di kelas IV Sekolah dasar Negeri se-Kecamayan Sukun Kota Malang / Desinta Nur Amalina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalina, DesintaNur. 2015. PelaksanaanPenilaianAutentikKurikulum 2013 di Kelas IV SekolahDasarNegeri se-KecamatanSukun Kota Malang. Skripsi. Program Studi S1 PGSD, Jurusan KependidikanSekolahDasardanPrasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Dra. HartiKartini, M.Pd,(2) Dra.SitiUmayaroh,S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: penilaianautentik, kurikulum 2013, sekolahdasar Penelitianinidilatarbelakangidarihasil observasi di salahsatu SDN padapembelajaran tema ÔÇ£Selalu Berhemat EnergiÔÇØ.Ditemukanfaktaguru terlihat sibuk mengamati dan membantu peserta didik dalam melakukan percobaan serta tidak membawa instrumen penilaianketika proses pembelajaranberlangsung. Guru juga tidak melakukan penilaian sesuai yang tertera dalam RPP yang dibuat.Seharusnya guru melakukan penilaian kinerja dan penilaian projek sesuai dengan buku petunjuk guru.Tujuandaripenelitianiniyaitu mendeskripsikanperencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pelaporansertapenggunaanpenilaianautentiksesuaiKurikulum 2013. Rancanganpenelitian yang digunakanyaitudeskriptif kuantitatif.Populasi terdiri dari guru-guru kelas IV SDNdi wilayah UPT Dinas Pendidikan Dasar Kecamatan Sukun Kota Malang dengan jumlah 70 guru kelas IV yang tersebar di 42sekolah.Sampel berjumlah 30 guru kelas IV dari 30 SDNyang ditentukandenganteknik area non proposionalrandom sampling.Instrumenpengumpul data berupaangketlangsungjenistertutupdengan skala 1 sampai 4. Ujivaliditasdanreliabilitasinstrumen dilakukandenganbantuan komputer menggunakan program SPSS versi 17.0. Teknik analisis dilakukandengandeskriptifkuantitatifdalambentukpersentase. Hasil penelitianmenunjukkanbahwaskorrata-rata perencanaanpenilaian autentik diperolehskor 90denganpersentase75 %sehinggadikualifikasikanbaik (B). Pelaksanaan penilaian autentik diperolehskor rata-rata 88 denganpersentase 74%dikualifikasikanbaik (B).Pengolahan hasil penilaian autentik diperolehskor rata-rata 89 denganpersentase 74%dikualifikasikanbaik (B). Pelaporan hasil penilaian autentik diperolehskor rata-rata108 denganpersentase 90%dikualifikasikanbaiksekali (BS).Penggunaan hasil penilaian autentik sebagai tindak lanjut diperolehskor rata-rata107 denganpersentase90%dikualifikasikanbaiksekali (BS). Kesimpulandaripenelitian bahwa guru kelas IV di SDN se-Kecamatan Sukun Kota Malang dalam perencanaan dan pelaksanaan penilaian kinerja dan projek, guru perlu mendapatkan pelatihan sedangkan perencanaan dan pelaksanaan untuk penilaian portofolio dan tertulis dikualifikasikan baik.Pengolahan penilaian autentik Kurikulum 2013juga dikualifikasikan baik. Sedangkan dalam pelaporan dan penggunaan penilaian autentik Kurikulum 2013 sebagai tindak lanjut dikualifikasikan baik sekali. Sebagai saran untuk guru dalam merencanakan, melaksanakan, mengolah, melaporkan dan menggunakan penilaian autentik sebaiknya dilakukan sesuai dengan petunjuk teknis penilaian di SD.Untuk peneliti selanjutnya disarankanlebih memperluas jangkauan penelitian agar diperoleh hasil yang lebih representatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5987

Actions (login required)

View Item View Item