Penguasaan konsep siswa terhadap topik gerak harmonis sederhana melalui model pembelajaran pemodelan / Yeyehn Dwi Sugara - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep siswa terhadap topik gerak harmonis sederhana melalui model pembelajaran pemodelan / Yeyehn Dwi Sugara

Sugara, Yeyehn Dwi (2017) Penguasaan konsep siswa terhadap topik gerak harmonis sederhana melalui model pembelajaran pemodelan / Yeyehn Dwi Sugara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sugara Yeyehn Dwi. 2017. Penguasaan Konsep pada Topik Gerak Harmonis Sederhana melalui Pembelajaran Pemodelan Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si. (II) Dr. Eny Latifah M.Si. Kata Kunci penguasaan konsep gerak hamonis sederhana pembelajaran pemodelan Penguasaan konsep yang baik pada topik gerak harmonis sederhana dapat dijadikan dasar untuk mempelajari topik lainnya di jenjang perguruan misalnya mempelajari gerakan benda yang diganggu dari posisi setimbang mempelajari fenomena gelombang dan fenomena kuantum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa pada topik gerak harmonis sederhana melalui pembelajaran pemodelan dan melihat kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari gerak harmonis sederhana setelah diberikan pembelajaran pemodelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain embedded experimental model untuk menggali secara lengkap subjek penelitian. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas X MIA-B SMA Negeri 9 Malang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian berupa soal tes penguasaan konsep yang terdiri atas 19 soal pilihan ganda beralasan dengan 15 soal dinyatakan valid dengan reliabilitas 0 92. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menentukan deskriptif statistik uji normalitas paired t test N-gain effect size dan korelasi biserial. Analisis kualitatif dilakukan dengan cara reduksi penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor penguasaan konsep siswa meningkat dari rata-rata 32 6 menjadi 55 5 (p 0 05). Uji pared t test menghasilkan signifikansi (p0 05) dan analisis korelasi antara pre-test dan N-gain siswa menghasilkan signifikansi (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59868

Actions (login required)

View Item View Item