Saifullah, Anisa Matinu (2017) Peningkatan penguasaan konsep dan cara memecahkan masalah siswa pada materi impuls momentum melalui pembelajaran pemodelan dan conceptual problem solving (CPS) / Anisa Matinu Saifullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Saifullah Anisa Matinu. 2017. Peningkatan Penguasaan Konsep dan Cara Memecahkan Masalah Siswa pada Materi Impuls Momentum melalui Pembelajaran Pemodelan dan Conceptual Problem Solving (CPS) Tesis. Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si. (II) Dr. Hari Wisodo M.Si. Kata kunci penguasaan konsep cara memecahkan masalah impuls momentum pembelajaran pemodelan conceptual problem solving (CPS). Salah satu tujuan pembelajaran fisika atau sains pada umumnya adalah siswa menguasai konsep-konsep dasar pada disiplin ilmu tersebut dan mampu menerapkannya pada pemecahan masalah. Namun untuk mencapai tujuan tersebut bukanlah hal yang mudah. Beberapa penelitian mengungkapkan banyak kesulitan terkait penguasaan konsep impuls momentum siswa. Selain itu cara siswa dalam memecahkan masalah masih cenderung tidak melibatkan konsep-konsep fisika. Pemasalahan-permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pembelajaran inovatif salah satunya pembelajaran pemodelan dan Conceptual Problem Solving (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran pemodelan dan CPS serta melihat efektifitasnya dalam meningkatkan penguasaan konsep dan cara memecahkan masalah siswa pada materi impuls momentum. Selain itu juga melihat hubungan cara siswa memecahkan masalah tehadap penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian mixed method. Data penelitian ini adalah hasil pengamatan oleh observer selama pembelajaran skor pretest dan posttest penguasaan konsep alasan jawaban siswa pada posttest dan cara siswa memecahkan masalah pada tes cara pemecahan masalah. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi merekam proses diskusi siswa melakukan pretest dan posttest penguasaan konsep dan think aloud digabung dengan wawancara pada tes cara pemecahan masalah. Analisis dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pemodelan digabung dengan CPS secara signifikan (p 0 00) meningkatkan penguasaan konsep impuls momentum siswa dengan N-gain sebesar 0 45 (kategori medium) dan efektivitas pembelajaran d-effect size sebesar 3 11 (kategori sangat besar). Berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan bahwa tidak ada korelasi baik antara nilai pretest dan N-gain (p 0 123) maupun nilai pretest dan posttest siswa (p 0 110). Hal ini berarti bahwa pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa baik pada siswa yang memiliki nilai pretest tinggi maupun rendah dimana hasil posttest tidak dipengaruhi hasil pretest-nya. Selain itu pembelajaran dapat mengubah cara siswa dalam memecahkan masalah yaitu dari siswa yang cenderung menggunakan plug-and-chug unstructured manner sebelum pembelajaran menjadi scientific approach dan plug-and-chug structured manner setelah pembelajaran. Terdapat perbedaan antara cara siswa dalam memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep siswa (p 0 002). Siswa yang telah memecahkan masalah dengan analisis kualitatif cenderung memiliki skor penguasaan konsep lebih tinggi. ABSTRACT Saifullah Anisa Matinu. 2017. Improving Students Conceptual Understanding and Problem Solving Manner of Impulse Momentum Topic in Modeling Instruction and Conceptual Problem Solving (CPS) Thesis. Study Program of Physics Education Graduate School Universitas Negeri Malang. Supervisor (I) Dr. Sutopo M.Si. (II) Dr. Hari Wisodo M.Si. Key words conceptual understanding problem solving manner impulse momentum modeling instruction conceptual problem solving (CPS). One of the important goals of learning physics or science is to facilitate students to grasp fundamental physics concepts and to apply them to solve related physics problems. However to reach these aims is not easy. Some studies reveal many students difficulties when they solve impulse momentum s problems. In addition students problem solving manner still tend not to involve concepts of physics. The problems can be solved by innovative learning one of which is modeling instruction and Conceptual Problem Solving (CPS). This study aimed to apply modeling instruction and CPS and examined its effectiveness in improving the students conceptual understanding and problem solving manner of impulse momentum topic. In addition it also examined the relationship between the students problem solving manner to the conceptual understanding. This research used mixed method research design. This research data was the result of observation during learning the pretest and posttest scores of conceptual understanding the reason of students answer on the posttest and students response on the problem solving manner test. The process of collecting data was done through observation recording student discussion process doing pretest and posttest of conceptual understanding and think aloud combined with the interview on the problem solving manner test. The analysis was done in a quantitative and qualitative manner. The results showed that modeling instruction accompanied by CPS significantly (p 0 00) improving the conceptual understanding of impulse momentum with N-gain score of 0.45 (medium category) and effectiveness of learning d-effect size of 3.11 (very large category). Based on correlation test result showed that there were not correlation each other between both pretest and N-gain scores (p 0 123) and pretest and posttest scores (p 0 110). It indicated that the instruction could improve the conceptual understanding for both the students with high and low pretest scores and posttest scores were not influenced by them. In addition the instruction could change the students problem solving manner from students who tend to use plug-and-chug unstructured manner before learning become scientific approach and plug-and-chug structured manner after learning. There was a difference between the students problem solving manner to the conceptual understanding (p 0.002). Students who have solved problems with qualitative analysis tend to have higher conceptual understanding scores.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59867 |
Actions (login required)
View Item |