Studi kuantitatif dan kualitatif kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui visual scaffolding dalam group investigation calon guru fisika Universitas Negeri Jember / Masita Raisa Hanim <BR> - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kuantitatif dan kualitatif kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui visual scaffolding dalam group investigation calon guru fisika Universitas Negeri Jember / Masita Raisa Hanim <BR>

Hanim, Masita Raisa (2017) Studi kuantitatif dan kualitatif kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui visual scaffolding dalam group investigation calon guru fisika Universitas Negeri Jember / Masita Raisa Hanim <BR>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanim M.R. 2017. Studi Kuantitatif dan Kualitatif Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Visual Scaffolding dalam Group Investigation Calon Guru Fisika Universitas Negeri Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A. (II) Dr. Wartono M. Pd. Kata Kunci kemampuan berpikir tingkat tinggi visual scaffolding (vs) group investigation (gi) calon guru Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik bergantung pada kemampuan calon guru dalam mengajarkan pembelajaran yang memanfaatkan pemikiran tingkat tinggi. Penelitian terdahulu menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi calon guru dalam materi optik masih tergolong rendah. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui scaffolding. Scaffolding merupakan salah satu bantuan belajar yang dapat meningkatkan pemahaman yang menggunakan pemikiran tingkat tinggi. Scaffolding yang sesuai digunakan dalam materi optika geometri adalah Visual Scaffolding (VS). Pembelajaran menggunakan vs lebih efektif jika dilakukan dalam pembelajaran secara berkelompok. Oleh karena itu pembelajaran yang digunakan adalah Group Investigation (GI) dan VS yang digunakan dalam penelitian ini adalah link maps.Penelitian bertujuan untuk 1) mengetahui apakah kemampuan berpikir tingkat tinggi calon guru yang belajar menggunakan vs dalam gi lebih baik daripada calon guru yang belajar menggunakan pembelajaran yang biasa dilaksanakan 2) menjelaskan bagaimana penjelasan VS dalam GI yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi calon guru fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan rancangan explanatory design. Desain penelitian kuantitatif menggunakan penelitian quasi experimental tipe non equivalent control group design dengan menggunakan 32 calon guru kelompok eksperimen dan 37 calon guru kelompok kontrol. Penelitian kualitatif menggunakan wawancara semi terstruktur dan think aloud. Instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan (Satuan Acara Perkuliahan dan Lembar Kerja Percobaan) dan instrumen pengukuran berupa soal pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian telah diuji ahli dan diuji lapangan. Data hasil penelitian kuantitatif dianalisis menggunakan analisis kovarian (ankova). Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan berpikir tingkat tinggi calon guru yang belajar dengan VS dalam gi lebih baik daripada calon guru yang belajar dengan metode yang biasa dilaksanakan 2) pemberian visual scaffolding menggunakan link maps dalam group investigation sangat membantu dalam memahami konsep-konsep dalam optika geometri karena visual scaffolding berupa link maps disajikan dengan jelas dan fokus pada konsep pokok dalam optika geometi. Selain itu pelaksanaan pembelajaran secara berkelompok dapat membantu calon guru dalam bertukar pikiran sehingga terjadi interaksi dan komunikasi yang baik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59865

Actions (login required)

View Item View Item