Pengaruh scaffolding visual dalam pembelajaran group investigation penguasaan konsep fisika dengan mengontrol pengetahuan awal / F. B. Bayon Sukma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh scaffolding visual dalam pembelajaran group investigation penguasaan konsep fisika dengan mengontrol pengetahuan awal / F. B. Bayon Sukma

Sukma, F. B. Bayon (2017) Pengaruh scaffolding visual dalam pembelajaran group investigation penguasaan konsep fisika dengan mengontrol pengetahuan awal / F. B. Bayon Sukma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukma F.B. Bayon. 2017. Pengaruh Scaffolding Visual dalam Pembelajaran Group Investigation terhadap Penguasaan Konsep Fisika dengan Me-ngontrol Pengetahuan Awal. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata kunci group investigation pengetahuan awal penguasaan konsep scaffold-ing visual usaha dan energi. Penguasaan konsep merupakan salah satu indikator siswa telah memahami materi yang telah dipelajari dalam suatu pembelajaran. Sejumlah hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA mengalami kesulitan dalam me-nguasai konsep fisika. Pengembangan penguasaan konsep membutuhkan lingkung-an belajar yang sesuai. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang mampu menciptakan suasana belajar yang cocok dalam pembelajaran fisika adalah model pembelajaran Group Investigation (GI). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh scaffolding visual dalam pembelajaran Group Investigation terhadap pe-nguasaan konsep fisika dengan mengontrol pengetahuan awal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu (Quasi Ex-perimental Design). Desain yang digunakan adalah Pretest Posttest Control-Group. Penelitian dilaksanakan pada akhir bulan Oktober 2016 di SMAN 1 Blitar. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI MIA semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Tiga puluh siswa laki-laki dan 42 siswa perempuan yang tersebar dan terbagi dalam dua kelas terlibat dalam penelitian ini. Kelas eksperimen menerapkan model pem-belajaran GI dengan bantuan scaffolding visual pada tahap investigasi dan menyi-apkan laporan. Data hasil pengukuran penguasaan konsep kedua kelas dianalisis menggunakan Analysis of Covariance (ANCOVA). ANCOVA berperan mengon-trol pengetahuan awal untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata pengeta-huan awal dan penguasaan konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ana-lisis data dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap pe-nguasaan konsep. Hasil analisis diperoleh bahwa ada perbedaan penguasaan konsep antara kelompok siswa yang diberi scaffolding visual pada pembelajaran GI dan pembelajaran GI saja (Fhitung 14 028 dengan taraf signifikansi sebesar 0 000 0 05). Pengaruh strategi pembelajaran sangat kuat terhadap penguasaan konsep ( 951 0 819). Dengan mengontrol pengetahuan awal diperoleh bahwa rata-rata pe-nguasaan konsep kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan penguasaan konsep antara kelompok siswa yang diberi scaffolding visual pada pembelajaran GI dan siswa yang belajar dengan pembelajaran GI setelah mengontrol pengetahuan awal. ABSTRACT Sukma F.B. Bayon. 2017. The Effect of Visual Scaffolding in Group Investigation Learning on the Concept of Physics Mastery of Controlling The Prior Knowledge. Thesis Study Program of Physics Education Postgraduate State University of Malang. Advisors (I) Dr. Koes Supriyono Handayanto M.Pd M.A (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Keywords concepts mastery group investigation prior knowledge visual scaf-folding work and energy. The mastery of concepts is one indicator that the students have understood what they have got in a learning. Some research show that the majority of high school students have difficulty in comprehending the concepts of physics The de-velopment of concept mastery requires an appropriate learning environment. One cooperative learning model that is capable of creating a learning atmosphere that fits in physics learning is the learning model of Group Investigation (GI). The objective of this study is to determine the effect of visual scaffolding in Group Investigation learning towards concepts mastery of physics by means of controlling the prior knowledge. This study users the quasi-experimental research design. The design used was Pretest-Posttest Control-Group. The experiment was conducted at the end of October 2016 in SMAN 1 Blitar. The subjects were students of class XI-MIA. Thirty male students and 42 female students involved in this research are scattered and divided into two classes. The experimental class implements the GI learning model with visual scaffolding at the investigation and prepares the report syntax. The output data of the measurement of the concepts mastery is analyzed by Analysis of Covariance (ANCOVA). ANCOVA has a role in controlling the prior know-ledge to determine the effect of learning strategies towards mastery of concepts. The results showed that there is an average difference of prior knowledge and the concepts mastery between the experimental class and control class. The analysis is conducted in order to determine the effect of learning strategies towards mastery of concepts. The results of the analysis show that there are differences between the mastery of concepts of the groups of students that were given visual scaffolding in GI learning and GI alone (F count 14.028 with a significance level of 0.000

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59863

Actions (login required)

View Item View Item