Analisis kemampuan pemecahan masalah hukum Newton tentang gerak pada mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember melalui pembelajaran cooperative problem solving / Agung Wahyu Nurcahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan pemecahan masalah hukum Newton tentang gerak pada mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember melalui pembelajaran cooperative problem solving / Agung Wahyu Nurcahyo

Nurcahyo, Agung Wahyu (2017) Analisis kemampuan pemecahan masalah hukum Newton tentang gerak pada mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember melalui pembelajaran cooperative problem solving / Agung Wahyu Nurcahyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurcahyo Agung Wahyu. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Hukum Newton Tentang Gerak Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember Melalui Pembelajaran Cooperative Problem Solving. Tesis. Jurusan Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wartono M.Pd. (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci kemampuan pemecahan masalah cooperative problem solving. Mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah Fisika Dasar 1 masih mengalami kesulitan mendasar dalam memecahkan masalah hukum Newton tentang gerak. Kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa tersebut menyebabkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa tergolong masih rendah. Alternatif solusi untuk mengatasi kesulitan dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah hukum gerak Newton mahasiswa adalah dengan menerapkan pembelajaran cooperative problem solving (CPS) pada mata kuliah Fisika Dasar 1. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada hukum gerak Newton setelah menerima pembelajaran CPS menge-tahui kesulitan yang masih dialami mahasiswa dalam memecahkan masalah hukum gerak Newton dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran CPS. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method desain embedded experimental model. Subjek penelitian terdiri dari 43 mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Fisika Dasar 1. Instrumen penelitian berupa tes essay yang terdiri dari 5 soal pemecahan masalah. Kelima soal tersebut mewakili sub-topik gaya gesek statis benda bergerak dibidang miring benda bergerak dalam sistem katrol benda bergerak melingkar horizontal dan benda bergerak melingkar vertikal. Analisis jawaban mahasiswa didasarkan pada rubrik asesmen kemampuan pemecahan masalah Minnessota Asessment of Problem Solving (MAPS). Selain itu untuk mengetahui kesulitan dan perspektif mahasiswa terhadap pembelajaran CPS digunakan intrumen angket respon dan pedoman wawancara semiterstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran CPS memberikan dampak yang kuat (d-effect size 1 81) terhadap peningkatan (N-Gain 0 42 dalam kategori sedang ) kemampuan pemecahan masalah hukum gerak Newton mahasiswa dari sebelum (mean 31 9) dan setelah (mean 60 3) pembelajaran. Pembelajaran CPS mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa pada semua aspek kemampuan pemecahan masalah yang dinilai pada rubrik MAPS. (2) Kesulitan yang dialami mahasiswa dalam memecahkan masalah adalah menentukan arah gaya dalam diagram benda bebas memilih pendekatan yang tepat dan mengaplikasikan pendekatannya pada kondisi khusus permasalahan serta membentuk resultan gaya berdasarkan diagram benda bebas dan pendekatan yang dipilih. (3) Kerjasama kelompok terhadap context-rich problems hukum gerak Newton dengan menerapkan strategi pemecahan masalah dalam pembelajaran CPS mengakibatkan adanya diskusi yang mendalam terhadap permasalahan sehingga permasalahan lebih mudah dipecahkan dan miskonsepsi yang terjadi pada mahasiswa dapat diperbaiki. ABSTRACT Nurcahyo Agung Wahyu. 2017. The Analysis of Physics Education Student s Problem Solving Ability of Newton s law of Motion in University of Jember Through Cooperative Problem Solving Learning. Thesis. Graduate School of Physics Education. Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Dr. Wartono M.Pd. (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Keywords problem solving skill cooperative problem solving. Students who have taken the courses of Basic Physics 1 are still experiencing fundamental difficulties in solving the problems of Newton s Laws of Motion. The difficulties experienced by the students causing the problem solving ability of students is still low. Alternative solution to overcome difficulties and enhance the students problem solving Newton s laws of motion is to implement cooperative problem solving (CPS) learning in the subject of Basic Physics 1. This study aimed to describe the increase in problem-solving ability of students at Newton s laws of motion after receiving the CPS learning knowing the difficulties still experienced by students in solving the problem of Newton s laws of motion and knowing the students perceptions of CPS learning. This study used a mixed method research especially embedded experimental models. The research subjects consisted of 43 students who enrolled Basic Physics 1 courses. The research instrument was an essay test consists of 5 problems. The fifth problems represent a sub-topic of the static friction force the moving objects in the inclined plane the moving objects in the pulley system the moving objects in a horizontal circle and the moving objects in a vertical circle. The analysis of student answers were conducted by rubric problem solving skills assessment called Minnessota Assessment of Problem Solving (MAPS). Moreover to know the difficulties and perspectives of students towards CPS learning in the study used instruments of questionnaire and semi-structured interview guides. The results showed that (1) CPS make a strong impact (d-effect size 1.81) to the improvement of (N-Gain 0.42 in the category of being ) problem-solving abilities of the students Newton s laws of motion before (mean 31.9) and after (mean 60.3) learning. CPS learning can improve students skills in all aspects of the problem-solving abilities assessed on the MAPS rubric. (2) Students who mistakenly in solving problems had difficulty in the case determining the direction of the force in the free-body diagram choose an appropriate approach and apply the approach to the special conditions of the problem and make the resultant force based on free-body diagram and the selected approach. (3) Cooperation group on context-rich problems Newton s laws of motion by applying problem solving strategies in learning CPS resulted in their in-depth discussion of the problems so that the problem is more easily solved and misconceptions that occur in students can be repaired.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59862

Actions (login required)

View Item View Item