Analisis kemampuan pemecahan masalah dan argumentasi ilmiah siswa SMA Negeri 3 Tarakan pada pembelajaran argument driven inquiry dengan penilaian formatif terintegrasi materi dinamika rotasi / Dady Sulaiman - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan pemecahan masalah dan argumentasi ilmiah siswa SMA Negeri 3 Tarakan pada pembelajaran argument driven inquiry dengan penilaian formatif terintegrasi materi dinamika rotasi / Dady Sulaiman

Sulaiman, Dady (2017) Analisis kemampuan pemecahan masalah dan argumentasi ilmiah siswa SMA Negeri 3 Tarakan pada pembelajaran argument driven inquiry dengan penilaian formatif terintegrasi materi dinamika rotasi / Dady Sulaiman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulaiman Dady. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA Negeri 3 Tarakan Pada Pembelajaran Argument Driven Inquiry Penilaian Formatif Terintegrasidalam Materi Dinamika Rotasi.Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (II) Dr. Eny Latifah M.Si. Kata Kunci Argument Driven Inquiry (ADI) Argumentasi Ilmiah Dinamika Rotasi Penilaian Formatif Terintegrasi(PFT) Kemampuan Pemecahan Masalah Dinamika rotasi merupakan materi fisika yang sulit dipahami oleh siswa. Memahami materi ini diperlukan kemampuan-kemampuan seperti kemampuan pemecahan masalah dan argumentasi ilmiah. Pada penelitian-penelitian sebelumnya ditemukan bahwa kemampuan-kemampuan ini masih kurang dimiliki oleh siswa. Pembelajaran Argument Driven Inquiry(ADI)merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Pembelajaran ADI memiliki kekurangan yakni tidak dapat memfasilitasi dan memantau perkembangan siswa. Oleh sebab itu dengan mengintegrasikan penilaian formatifdalam pembelajaran ADI dapat membantu kekurangan ADI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah dan argumentasi ilmiah siswa kelas XI-IPA1 SMA N 3 Tarakanpada pembelajaran Argument Driven Inquiry dengan Penilaian formatif terintegrasipada materi dinamika rotasi. Penelitian ini menggunakanmixed methodsembedded experimental model. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI IPA-1 SMA N 3 Tarakan tahun ajaran 2016/2017. Instrumen tes yang digunakan adalah 7 soal uraian yang terdiri dari 5 soal mengukur kemampuan pemecahan masalah dengan realibilitas 0 750 dan 2 soal mengukur argumentasi ilmiah siswa dengan realibilitas 0 526. Data yang dianalisis secara kuantitatif diambil dari nilai pre dan pos test. Data tersebut dianalisis menggunakan N gain dan uji Wilcoxon yang kemudian dilanjutkan dengan effect size untuk mengetahui berapa besar perbedaannya. Sementara data kualitatif diambil dari jawaban pre pos test siswa laporan ADI yang kemudian didukung dari hasil wawancara siswa. Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM) dan Argumentasi Ilmiah (AI) siswa setelah belajar dengan menggunakan Argument Driven Inquiry dengan Penilaian Formatif Terintegrasi mengalami peningkatan. Kualitas argumen siswa semakin berkembang selama pembelajaran dimana pada kualitas argumen siswa yang sebelumnya hanya berada pada level 1-3 pada pertemuan ketiga level argumen siswa berada pada 2-4. Sementara pada KPM dapat dilihat dari peningkatan indikator KPM sebelum dan sesudah pembelajaran. Meskipun begitu ditemukan siswa kesulitan dalam memahami sub bab Hukum kekekalan momentum sudut dan titik berat. Mengatasi kesulitan ini diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat digunakan demonstrasi yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa pada sub materi ini sehingga siswa lebih termotivasi dan tertarik dalam mempelajari materi ini. 8195 ABSTRACT Sulaiman Dady. 2017. Analysis of Student s Problem Solving and Scientific Argumentation Skill of SMA Negeri 3 Tarakan On Argument Driven Inquiry Learning Integrated Formative Assessment in Rotational Dynamics Content. Thesis Physics Education Program Graduate School Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (II) Dr. Eny Latifah M.Si. Kata Kunci Argument Driven Inquiry (ADI) Scientific Argumentation Skill Rotational Dynamics Formative Assessment (FA) Problem Solving Skill The rotational dynamics is a physics material that is difficult to understand by students. Understanding this material requires skills such as problem-solving and scientific argumentationskills. In previous studies it was found that these abilities were still lacking in students. Argument Driven Inquiry (ADI) learning is one alternatif solution to solve the problem. ADI has its deficiency the defiency is unable to facilitate and monitor student progress. Therefore integrating Formative Assessment in ADI learning can help ADI s deficiency. This study aims to find out how the problem-solving ability and scientific argumentation of studentsXI-IPA1 SMA N 3 Tarakan in Argument Driven Inquiry that is integrated Formative Assessment on the material rotational dynamics. This research uses mixed methods with embedded experimental model design. The subject of this research is 34 students of class XI IPA-1 SMA N 3 Tarakan academic year 2016/2017. The test instrument used is 7 essay questions consisting of 5 questions to measure problem solving skills with reliability 0 750 and 2 questions to measure students scientific argumentation with reliability 0 526. The data analyzed quantitatively is taken from pre and post test. The data were analyzed using N gain and Wilcoxon test and then continued with effect size to know how big difference. While the qualitative data is taken from the student s pre dan post test answer the ADI report which is then supported from the student interview result. Problem Solving Skills (KPM) and Scientific Arguments (AI) of students after learning using Argument Driven Inquiry with Formative Assessment integrated have improved. The quality of students arguments growing up during learning where the quality of student arguments that were previously only at levels 1-3 at the third meeting of students argument levels were at 2-4. While at KPM can be seen from the improvement of KPM indicators before and after learning. Nevertheless the students find difficulties in understanding the sub-chapter the Law of ConservationAngular Momentum. Overcoming this difficulty is expected in subsequent research can be used demonstration on this sub-material so that students are more motivated and interested in studying this material.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59860

Actions (login required)

View Item View Item