Kemampuan pemecahan masalah melalui analogi pada topik Dinamika Rotasi dalam pembelajaran berbasis masalah / Dios Sarkity - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan pemecahan masalah melalui analogi pada topik Dinamika Rotasi dalam pembelajaran berbasis masalah / Dios Sarkity

Sarkity, Dios (2017) Kemampuan pemecahan masalah melalui analogi pada topik Dinamika Rotasi dalam pembelajaran berbasis masalah / Dios Sarkity. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sarkity Dios. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Analogi Pada Topik Dinamika Rotasi Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. Kata Kunci analogi kemampuan pemecahan masalah dinamika rotasi pembelajaran berbasis masalah Dinamika rotasi merupakan salah satu kajian mekanika yang erat kaitannya dengan permasalahan sehari-hari. Dalam menyelesaikan masalah dinamika rotasi tidak hanya dibutuhkan kemampuan matematis yang baik tetapi juga pemahaman konsep yang baik. Pemahaman konsep yang baik akan membantu siswa mengidentifikasi masalah secara baik serta menerapkan prinsip yang tepat untuk memecahkan masalah berdasarkan konsep yang mendasari masalah. Penggunaan analogi di dalam pembelajaran berbasis masalah dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang didukung dengan pemahaman konsep yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan analogi pada topik dinamika rotasi dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa melalui penerapan analogi pada topik dinamika rotasi dalam pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah mixed method dengan model embedded experimental design. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan pada Januari - Februari 2017. Pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif dengan memberikan tes pada saat pretest dan posttest serta secara kualitatif dengan memberikan kuesioner pada saat pretest wawancara pada saat pottest dan observasi pada saat pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 6 soal tes pemecahan masalah berbentuk uraian angket dan pedoman wawancara. Hasil uji paired sample t test terhadap hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan analogi dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan signifikansi sebesar 0 00 (2-tailed). Rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dari 18 43 menjadi 68 91 dengan N-gain score sebesar 0 6 (kategori sedang) dan d-cohen effect size sebesar 4 9 (kategori kuat). Hasil reduksi data kualitatif hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman konsep siswa untuk memecahkan masalah. Penggunaan analogi dalam pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam hal menganalisis masalah untuk membuat deskripsi masalah penggunaan konsep dan penerapan persamaan fisika yang sesuai serta melakukan prosedur matematis untuk menemukan solusi masalah. Penggunaan analogi dalam pembelajaran berbasis masalah juga dapat merubah cara siswa memecahkan masalah dari novice menjadi expert. 8195 ABSTRACT Sarkity Dios. 2017. Problem Solving Skill Through Analogy on Topic of Rotational Dynamics in Problem Based Learning. Thesis Physics Education Program Graduate School of Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si Keywords analogy problem solving skill rotational dynamics problem-based learning rotational dynamics is one of topics in mechanics which is closely to daily problems. To solve the problems of rotational dynamics not only mathematical skill required but also conceptual understanding. Conceptual understanding will help students to identify the problems well and apply the appropriate principles to solve the problem based on the underlying concept of the problem. The use of analogy in problem based learning can help students to improve problem solving skill with conceptual understanding. The research aims to know the effect of applying analogy on topic of rotational dynamics in problem based learning to students problem solving skill and to know students problem solving skill through applying analogy on topic of rotational dynamics in problem based learning. The type of this research is mixed method with embedded experimental design model. Research subject consist of 32 students in the 11th grade of natural science of SMA Negeri 1 Pekanbaru. Data collection was conducted in January February 2017. Data collection was conducted quantitatively by providing a test at pretest and posttest and qualitatively by providing questionnaires at pretest interview at posttest and observation during intervention. The research instruments was 6 essay questions of problem solving qustionnaires and interview guidelines. The result of paired sample t test showed that analogy in problem based learning influenced the students problem solving skill with significance of 0 00 (2-tailed). The average score of students problem solving skill increased from 18 48 to 68 91 with N-gain score of 0 6 (medium category) and d-cohen effect size of 4 9 (strong category). The result of qualitative data reduction showed that there was an improvement in students conceptual understanding to solve the problem. The use of analogy in problem based learning can improve students problem solving skill in analyzing the probems to creat problem descriptions the use of concepts and applying appropriate physics equations and performing mathematical procedures to find problem solution. The use of analogy in problem based learning can also change the way student solve the problem from a novice to an expert.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59857

Actions (login required)

View Item View Item