Rahmawati, Irma (2017) Program resitasi berbasis komputer untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada materi dinamika rotasi / Irma Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmawati Irma. 2017. Program Resitasi Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Materi Dinamika Rotasi. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si (II) Dr. Siti Zulaikah M.Si. Kata Kunci program resitasi berbasis komputer penguasaan konsep dinamika rotasi Penguasaan konsep yang baik sangat diperlukan terutama pada materi fundamental. Materi fundamental seperti dinamika rotasi memiliki cakupan materi yang luas dan kompleks sehingga sering kali tidak tuntas dibelajarkan di dalam kelas. Dampaknya mahasiswa tidak menguasai materi secara mendalam dan menghambat proses belajar pada materi selanjutnya. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran untuk membantu mahasiswa memperdalam materi dinamika rotasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas program resitasi berbasis komputer terhadap penguasaan konsep mahasiswa pada materi dinamika rotasi dan kesulitan-kesulitan yang masih dimiliki mahasiswa setelah menggunakan program resitasi berbasis komputer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methods jenis embedded experimental model. Subyek penelitian terdiri dari 40 mahasiswa semester 1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang yang menempuh mata kuliah Fisika Dasar I. Instrumen pengukuran berupa soal tes penguasaan konsep yang terdiri dari 21 soal pilihan ganda berasalan pedoman wawancara dan angket respon mahasiswa. Instumen perlakuan berupa program resitasi berbasis komputer yang dikemas dalam program Powerpoint. Analisis kuantitatif didasarkan pada skor pretes dan posttes mahasiswa. Alasan mahasiswa dalam menjawab soal dianalisis secara kualitatif menggunakan metode komparatif konstan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program resitasi berbasis komputer efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada materi dinamika rotasi. Efektifitas ini ditunjukkan oleh 1) perbedaan dalam kategori sangat besar antara skor pretes dan posttes (d-effect size 2 06) dengan skor posttes lebih tinggi dari skor pretes 2) Nilai N-gain sebesar 0 438 dalam kategori medium bawah 3) tidak adanya korelasi antara skor pretes dengan gain yang dicapai setiap mahasiswa (p 0 971) yang berarti resitasi yang diberikan dapat memfasilitasi semua mahasiswa. Kesulitan-kesulitan yang masih dimiliki mahasiswa setelah menggunakan program resitasi berbasis komputer antara lain kesulitan (1) menentukan vektor titik kerja gaya terhadap sumbu tertentu (r 8407 ) (2) memaknai cross product pada torka (3) membedakan antara torka dengan gaya (4) memaknai persamaan 12310 EK 12311 _rotasi 1/2 I 969 2pada beberapa jenis benda tegar yang menggelinding tanpa selip (5) menentukan besarnya gaya-gaya yang bekerja pada sistem dalam keadaan setimbang statis (6) menentukan kelajuan linier setiap titik pada benda tegar yang menggelinding tanpa selip (7) rancu menggunakan kaidah tangan kanan dalam menentukan arah 969 8407 dan 964 8407 . Kesulitan-kesulitan yang masih dimiliki mahasiswa setelah menggunakan program resitasi berbasis komputer ini dapat digunakan sebagai referensi untuk pengembangan program resitasi yang lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |