Pengaruh pembelajaran multi representasi untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa SMA pada materi kinematika / Agustini Purwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran multi representasi untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa SMA pada materi kinematika / Agustini Purwanti

Purwanti, Agustini (2017) Pengaruh pembelajaran multi representasi untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa SMA pada materi kinematika / Agustini Purwanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwanti Agustini. 2017 Pengaruh Pembelajaran Multi Representasi untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Representasi Siswa SMA pada Materi Kinematika.Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sutopo M.Si. (II) Dr. Hari Wisodo M.Si. Kata Kunci pembelajaran multi representasi penguasaan konsep kemampuan representasi kinematika Materi kinematika merupakan materi yang sangat fundamental pada mekanika. Kecepatan dan percepatan benda bergerak dipelajari secara mendalam dalam kinematika. Sangat penting untuk dapat menentukan arah kecepatan dan percepatan benda dengan benar ini merupakan dasar untuk mempelajari mekanika selanjutnya. Informasi tentang gerak benda dapat disajikan dalam berbagai format representasi yang dapat memberikan keutuhan informasi gerak benda. Memberikan pembelajaran yang melibatkan banyak representasi kepada siswa sangat penting untuk mendukung proses kognitif siswa dalam mempelajari fisika. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran multi representasi dapat meningkatkan penguasaan konsep kinematika dan kemampuan representasi siswa SMA. Penelitian menggunakan Mixed Methods dengan Embeded Eksperimental Design. Subyek penelitian terdiri 35 siswa kelas X mipa di SMA Negeri 1 Batu Th ajaran 2016/2017. Instrument penelitian terdiri tes penguasaan konsep terintegrasi dengan kemampuan representasi yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda beralasan untuk mengetahui penguasaan konsep dan 4 soal uraian untuk mengetahui kemampuan representasi siswa. Data kuantitatif diperoleh dari skor pretest dan posttest pada soal pilihan ganda sedangkan data kualitatif diperoleh dari alasan siswa dalam menjawab soal pilihan ganda dan jawaban uraian yang dianalisis untuk mengetahui kemampuan representasi siswa dalam menggunakan representasi dan membuat representasi. Data kualitatif didukung juga oleh pengamatan saat pembelajaran diskusi serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran multi representasi dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa dengan indikator sebagai berikut (1) Skor penguasaan konsep siswa meningkat dari rata-rata dari 14 menjadi 46 29 dengan nilai N-gain rata rata sebesar 0 38 (kategori sedang) dan nilai Cohen s d-effect size sebesar 2 87 (kategori Sangat Besar). (2) Kemampuan representasi siswa juga mengalami peningkatan dilihat dari jumlah representasi yang digunakan siswa pada saat mengerjakan soal serta pergeseran kualitas representasi yang dibuat siswa dari level rendah bergeser menjadi ke level yang lebih tinggi. ABSTRACT Purwanti Agustini. 2017. Impacts of Multi-Representation Learning to Improve Concept Acquisition and Representation Competence of Senior High School Students on Kinematics Topic. Thesis. Graduate School in Physics Education School of Graduate Studies Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Dr. Sutopo M.Si (II) Dr. Hari Wisodo M.Si. Keywords multi-representation learning concept acquisition representation competence kinematics Kinematics is a highly fundamental material on mechanics. The velocity and acceleration of a moving object is learned thoroughly in kinematics. Being able to correctly determine the direction of an object s velocity and accuracy as the basis of learning mechanics further is highly important. The information about object movement can be presented in various format of representation to give a whole information of an object movement. Giving a learning that involves a lot of representation to the students is really important to support students cognitive process on learning physics.This research aims to determine how far multi-representation learning can improve the kinetics concept acquisition and representation competence of High School students. This research used mixed method with embedded experimental Model. The subject are 35 students of X MIPA SMAN 1 Batu year of 2016/2017. The instrument of this research contains of a concept acquisition test integrated with a representation competence that consists of 20 multiple choice questions along with the reasons to determine the concept acquisition and four essay questions to determine the students representation competence. The quantitative data is gained from pretest and posttest on the multiple choice questions and the qualitative data is gained from the reasons given by the students on answering the multiple choice questions and the essay answer which is analyzed to determine students representation competence on using and buildng representation. Qualitative data can also supported by observation on learning and discussion and also by an interview. The result showed that multi-representation learning can improve the students concept acquisition and representation competence by the following indicators (1) the score of students concept acquisition increased from 14 of average into 46 29 with N-gain average of 0 38 (average category) and Cohen s d-effect size score of 2 87 (very high category) (2) the students representation competence increased based on the total representation used by the students on doing the test items and the adjustment of representation quality made by the students from the lower level to a higher level.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59853

Actions (login required)

View Item View Item