Firdausi (2017) Penguasaan konsep dan keterampilan proses sains peserta didik SMA Negeri 2 Sumenep dengan thinking maps pada the 5e learning cycle pada materi fluida statik / Firdausi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Firdausi. 2016. Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Negeri 2 Sumenep dengan Thinking Maps pada The 5E Learning Cycle pada Materi Fluida Statik. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci keterampilan proses sains learning cycle 5e penguasaan konsep thinking maps. Penguasaan konsep dan keterampilan proses sains sangat penting dikuasai oleh peserta didik. Penguasaan konsep dapat memecahkan permasalahan konseptual maupun permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang relevan. Keterampilan proses sains merupakan seperangkat keterampilan yang digunakan para ilmuwan dalam melakukan penyelidikan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan konsep dan keterampilan proses sains peserta didik dengan Thinking Maps pada The 5E Learning Cycle. Penelitian ini menggunakan model penelitian mixed method embedded experimental model. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik yang menempuh materi fluida statik pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 2 Sumenep yang dibelajarkan dengan menggunakan dengan Thinking Maps pada The 5E Learning Cycle. The 5E Learning Cycle terdiri atas lima fase yaitu engagement exploration explanation elaboration dan evaluation. Instrumen penelitian terdiri atas tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda dan lembar observasi keterampilan proses sains. Paired t-test digunakan untuk menganalisis signifikansi perbedaan pretest-posttest penguasaan konsep sedangkan analisis untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dianalisis dengan perhitungan N-Gain dan perhitungan effect size. Selain itu analisis secara kualitatif dilakukan dengan cara pengkodean yang diinterprestasikan ke dalam bentuk tabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan Thinking Maps pada The 5E Learning Cycle penguasaan konsep fluida statik peserta didik mengalami peningkatan signifikan (t -27 493 sig. 0 000) dengan N-gain skor rata-rata sebesar 0 57 (kategori sedang) dan effect size sebesar 5 80 (kategori sangat besar) sebagian besar peserta didik dapat mengubah konsepsi-konsepsinya yang salah pada saat posttests. Sebagian kecil masih mengalami kesalahan konsep misalnya tekanan hidrostatik dipengaruhi volume air tekanan sebanding dengan luas penampang pipa gaya apung sebanding dengan massa benda. Rata-rata keterampilan proses sains peserta didik pada tiga pertemuan adalah baik. Aspek KPS yang perlu ditingkatkan lagi adalah merencanakan eksperimen yaitu merencanakan pengukuran variabel terikat dan variabel bebas dalam membuat langkah-langkah eksperimen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59852 |
Actions (login required)
View Item |