Pengaruh distributed scaffolding dalam pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi tropika / Muji Sobirin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh distributed scaffolding dalam pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi tropika / Muji Sobirin

Sobirin, Muji (2017) Pengaruh distributed scaffolding dalam pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi tropika / Muji Sobirin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sobirin Muji. 2017. Pengaruh Distributed Scaffolding dalam Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Optika.. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Supriyono Koes H M.Pd MA. (2) Dr. Sentot Kusairi MSi. Kata Kunci Keterampilan berpikir tingkat tinggi scaffolding terdistribusi Inkuiri pengetahuan awal Tujuan utama pembelajaran fisika adalah membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk mencapainya pembelajaran harus melibatkan siswa dengan melakukan berbagai aktivitas yang melatih siswa manganalisa mengevaluasi dan mencipta. Pembelajaran inkuiri mengandung proses-proses mental yang tinggi karena memberikan kesempatan pada siswa mengembangkan kemampuan pemahaman konsep kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan ilmiah. Beberapa scaffolding dalam pembelajaran inkuiri sangat diperlukan untuk mengeksplorasi fenomena yang kompleks dan penting meningkatkan kejelasan berpikir pengorganisasian ide kemampuan menganalisa dan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah meneliti damapak model pembelajaran yaitu inkuiri di sertai distributed scaffolding dengan pembelajaran yang biasanya dilakukan guru yaitu konvensional terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada meteri optika. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pre and posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri Waru Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen belajar dengan pembelajaran inkuiri dengan distributed scaffolding sedangkan siswa pada kelas kontrol belajar dengan pembelajaran konvensional. Semua siswa kelas X yang dijadikan sampel penelitian berjumlah 78 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berbentuk pilihan ganda dengan alasan berjumlah 10 soal nilai koefisien reliabilitas intrumen 0 89. Data yang dikumpulkan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa melalui pembelajaran inkuiri dengan distributed scaffolding lebih baik dari pembelajaran konvensional dengan mengendalikan pengetahuan awal. Setiap tahapan inkuiri melatih kemampuan siswa membangun pengetahuan mengkonfirmasi pengetahuan awal mereka dengan pengetahuan baru yang diperoleh dari hasil pengamatan suatu peristiwa atau fakta. Pengorganisasian hasil pengetahuan memerlukan beberapa scaffolding untuk memberikan kerangka belajar yang mendorong siswa mengembangkan inisiatif motivasi dan sumber daya dalam melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi. Saran berkenaan dengan hasil penelitian ini. Hendaknya dilakukan penelitian lebih dalam secara kualitatif untuk mengetahui bagaimana distributed scaffoldingdalam pembelajaran inkuiri merangsang keterampilan berpikir tingkat tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59851

Actions (login required)

View Item View Item