Khasanah, Etika Roudhatul (2015) Pelaksanaan penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SD Kota Mojokerto / Etika Roudhatul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khasanah Etika Roudhatul. 2015. Pelaksanaan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SD Kota Mojokerto. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini M.Pd (II) Drs. H. Sutarno M Pd. Kata kunci penilaian autentik Kurikulum 2013 Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya ditemukan bahwa pelaksanaan penilaian autentik pada KTSP belum maksimal karena guru masih mengalami kesulitan dalam pelaksanaannya. Hal yang sama kemungkinan terjadi pada pelaksanaan penilaian autentik dalam Kurikulum 2013 oleh karena itu diperlukan penelitian tentang pelaksanaan penilaian autentik dalam kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru di SD Kota Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru tentang penilaian autentik pelaksanaan penilaian kinerja pelaksanaan penilaian proyek pelaksanaan penilaian portofolio dan pelaksanaan tes tulis pada Kurikulum 2013 di SD Kota Mojokerto. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru kelas I II IV dan V SD sebagai sasaran Kurikulum 2013 di Kota Mojokerto yang berjumlah 16 guru dan kesemuanya ditetapkan sebagai sampel. Untuk mengumpulkan data digunakan instrumen berupa kuesioner tertutup. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru tentang penilaian autentik tergolong baik sekali namun guru jarang melaksanakan penilaian antar teman dan diri sendiri karena dianggap subyektif pelaksanaan penilaian kinerja tergolong baik sekali namun dalam menilai kinerja guru jarang mengembangkan instrumen dan rubrik terlebih dahulu pelaksanaan penilaian proyek tergolong baik sekali namun guru jarang menilai tahap perencanaan dan pelaporan proyek karena menghabiskan waktu serta membuat kelas kurang kondusif pelaksanaan penilaian portofolio tergolong baik namun jenis portofolio pribadi dan jangka panjang belum terlaksana dan pelaksanaan tes tulis tergolong baik sekali. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik pada Kurikulum 2013 di SD Kota Mojokerto tergolong dalam kategori baik. Bagi guru disarankan melaksanakan penilaian yang belum terlaksana sesuai dengan kompetensi yang ditentukan. Bagi peneliti lain disarankan menambah instrumen penelitian berupa panduan observasi atau wawancara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5985 |
Actions (login required)
View Item |