Penguasaan konsep siswa kelas X TPM3 SMKN 1 Madiun pada materi fluida melalui pembelajaran direct instruction dengan conceptual problem solving / Leni Setianingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep siswa kelas X TPM3 SMKN 1 Madiun pada materi fluida melalui pembelajaran direct instruction dengan conceptual problem solving / Leni Setianingrum

Setianingrum, Leni (2017) Penguasaan konsep siswa kelas X TPM3 SMKN 1 Madiun pada materi fluida melalui pembelajaran direct instruction dengan conceptual problem solving / Leni Setianingrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setianingrum Leni. 2017.Penguasaan Konsep Siswa Kelas X TPM3 SMKN 1 Madiun pada Materi FluidaMelalui Pembelajaran Direct Instruction dengan Conceptual Problem Solving.Tesis. Program StudiPendidikanFisika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si. (II) Dr. Sutopo M.Si. Kata kunci direct instruction conceptual problem solving penguasaan konsep. Beberapa peneliti menemukan bahwa banyak siswa SMK mengalami kesulitan pada materifluida. Kesulitan tersebut mencakup materi tekanan hidrostatik hukum Pascal hukum Archimedes kontinuitas dan asas Bernoulli. Kesulitan yang masih dialami siswa antara lain menentukan hubungan antar variabel dalam persamaan fluida menyelesaikan soal konsep menghadapi permasalahan dalam kondisi yang berbeda dan mengidentifikasi besaran yang berpengaruh pada konsep fluida. Oleh karena itu perlu sebuah pembelajaran yang dapat mengembangkan penguasaan konsep siswa sehingga siswa dapat menggunakannya untuk memecahkan masalah. Salah satu pembelajaran yang sesuai yaitu pembelajaran direct instruction dengan conceptual problem solving. Penelitianinidilakukan dengan tujuanuntukmengetahuipenguasaankonsepsiswadan peningkatannya padamaterifluidamelalui pembelajarandirect instructiondenganconceptual problem solving. Penelitianinimenggunakan mixed methods dengan embedded experiment design. Intervensi menggunakan pembelajaran direct instruction dengan pendekatan pembelajaran conceptual problem solving yang memandu siswa dalam memecahkan masalah. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep siswa adalah 20 soal pilihan ganda beralasan. Subyek penelitian adalah 32 siswa kelas X TPM3 SMKN 1 Madiun tahun pelajaran 2016/2017. Data kuantitatif berasal dari skor pretest dan posttes yang dianalisis dengan paired- sample ttest N-gain dan effect size. Data kualitatif penguasaan konsep yang berasal dari alasan siswa dan hasil wawancara diolah dengan cara reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkan 1) Siswa telah mampu menyelesaikan permasalahan yang menggunakan sebuah konsep. Siswa masih mengalami kesulitan jika menggunakan dua konsep atau lebih menyelesaikan masalah dalam bentuk yang berbeda yang membutuhkan beberapa langkah dan membutuhkan dua konsep atau lebih dalam penyelesaiannya. 2) Terjadipeningkatanpenguasaankonsepsiswasecarasignifikan p 0.000. Rata-rata skor berubah dari 23 44 menjadi 57 50 dengan rata-rata N-gainsebesar 0 45 dalam klasifikasi medium atas dan nilaieffect size 3 37 yang menunjukkan bahwa pembelajaran direct instruction dengan conceptual problem solving memberikan efek yang kuat terhadap penguasaan konsep pada materi fluida di SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59847

Actions (login required)

View Item View Item