Pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis pada authentic problem based learning di kelas XI TP3Tv SMK Negeri 1 Bondowoso / Rofiatul Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis pada authentic problem based learning di kelas XI TP3Tv SMK Negeri 1 Bondowoso / Rofiatul Fauziah

Fauziah, Rofiatul (2017) Pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis pada authentic problem based learning di kelas XI TP3Tv SMK Negeri 1 Bondowoso / Rofiatul Fauziah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziah Rofiatul. 2017. Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Authentic Problem Based Learning di Kelas XI TP3Tv SMK Negeri 1 Bondowoso. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M. Pd (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M. Si. Kata Kunci authentic problem based learning pemahaman konsep kemampuan berpikir kritis Salah satu tujuan pembelajaran fisika di SMK adalah siswa membangun pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis agar siswa mampu menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Materi alat optik sebagai pengetahuan dasar di paket keahlian TP3Tv dituntut agar siswa memahami prinsip kerja alat optik dan berpikir kritis agar siap menghadapi tuntutan dunia kerja. Fakta di sekolah pemahaman siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Model pembelajaran APBL dapat mengembangkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis melalui masalah otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada model pembelajaran APBL serta hubungan antara pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini adalah penelitian mixed method dengan tipe embeded experimental design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TP3Tv SMKN 1 Bondowoso. Instrumen penelitian dibagi menjadi dua instrumen yaitu instrumen intervensi dan instrumen pengukuran. Instrumen intervensi terdiri dari silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Instrumen pengukuran terdiri dari 4 soal uraian tes pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis rubrik kualitas pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis wawancara dan observasi. Analisis penelitian menggunakan penghitungan N-Gain penghitungan effect size dan uji Pearson Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa yang disertai dengan perubahan kualitas pemahaman konsep siswa melalui pembelajaran APBL 2) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang disertai dengan perubahan kualitas kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran APBL dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran APBL. Kesimpulan penelitian adalah pembelajaran APBL dapat memberikan pengaruh positif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59846

Actions (login required)

View Item View Item