Pengaruh scaffolding prosedural dalam group investigation dan pengetahuan awal terhadap kemampuan menyelesaikan masalah dan kerj ailmuah pada materi dinamika rotasi / Al Muhalla Amarta

Amarta, Al Muhalla (2017) Pengaruh scaffolding prosedural dalam group investigation dan pengetahuan awal terhadap kemampuan menyelesaikan masalah dan kerj ailmuah pada materi dinamika rotasi / Al Muhalla Amarta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amarta, Al Muhalla, 2016. PengaruhScaffolding ProseduraldalamGroup Investigationdan PengetahuanAwalterhadapKemampuanMenyelesaikanMasalahdanKerjaIlmiahpadaMateriDinamikaRotasiTesis. Program StudiPendidikanFisika, PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. SupriyonoKoes H, M.Pd, MA. (2) Dr. EnyLatifah, M.Si. Kata Kunci: scaffolding-prosedural, group investigation, pengetahuanawal, kemampuanmenyelesaikanmasalah, kerjailmiah.dinamikarotasi Kurikulum 2013 dikembangkan untuk melatih kemampuan penyelesaian masalah dan keterampilan bekerja secara ilmiah. Pembelajaran fisika di sekolah belum melatihkan kemampuan penyelesaian masalah. Sedangkanpengembangan kemampuan kerja ilmiahjuga masih menemui berbagai kendala. Siswamengalamikesulitanpadamateridinamikarotasikarenasifatmateri yang kompleks. Tujuanutamapenelitianiniadalahuntukmengkajipengaruhstrategiscaffolding-prosedural yang di integrasikandalam GI danpengetahuanawalterhadapkemampuanmenyelesaikanmasalahfisikadanketerampilankerjailmiahpadamateridinamikarotasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi, dengan rancangan faktorial. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-MIPA MAN NglawakKertosono Tahun Pelajaran 2015/2016. Semua siswa kelas XI-MIPA berjumlah 119 siswa dijadikan sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan awal yang berbentuk pilihan ganda, tes kemampuanmenyelesaikanmasalah yang berbentukuraiandanrubrikpenilaiankerjailmiah. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan teknik analisismultivariat. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: 1). Ada perbedaan kemampuan menyelesaikan masalahdankemampuankerjailmiah antara siswa yang belajar dengan pembelajaran groupinvestigation berbantuan scaffolding dengan siswa yang belajar dengan Group Investigation; 2). Ada perbedaan kemampuan menyelesakan masalah dankemampuankerjailmiahantara siswa yang memliki pengetahuan awal tinggi dan rendah. 3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi strategi pembelajaran (scaffolding-prosedural berbasis GI dan pembelajaran GI) dan pengetahuan awal (tinggi-rendah) terhadap kemampuan menyelesaikan masalahdankemampuankerjailmiahsiswa. Beberapa saran dikemukakan berkenaan dengan hasil penelitian ini. Penekananpembelajaran yang mengarahkanpesertadidikuntukselalumelakukanevaluasiterhadapjawabandenganmenyertakansatuandanmemastikankelengkapanjawabanpentinguntukdilakukandalampembelajaranselanjutnyaPenelitianselanjutnyadiharapkandapatmenggunakanteknikpenilaian yang dapatmenghindariterjadinyakerjasamadalam proses penilaiankerjailmiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59844

Actions (login required)

View Item View Item