Pengaruh collaborative inquiry learning terhadap penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa pada materi fluida statis / Evi Pipbiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh collaborative inquiry learning terhadap penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa pada materi fluida statis / Evi Pipbiyanti

Pipbiyanti, Evi (2017) Pengaruh collaborative inquiry learning terhadap penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa pada materi fluida statis / Evi Pipbiyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pipbiyanti Evi. 2016. PengaruhCollaborative Inquiry LearningterhadappenguasaanKonsepdanPenalaranIlmiahsiswapadamateriFluidaStatis. Tesis. Program StudiPendidikanFisika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1)DrSentotKusairi M.Si (2)DrWartono M.Pd Kata Kunci collaborative inquiry learning penalaranilmiah penguasaankonsep Pembelajaranfisikadiarahkan agar siswadapatmengkonstruksipengetahuannyasendirisehinggameningkatkanpenguasaankonsepdanmelatihpenalaranilmiah.Usaha untukmengatasikendaladalammengembangkanpenguasaankonsepdanpenalaranilmiahadalahdenganpembelajaran yang tepat.Salah satu yang diterapkanadalahCollaborative Inquiry Learning(CIL).TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpembelajaranCILterhadappenguasaankonsepdanpenalaranilmiahsiswapadamaterifluidastatis. Penelitianinimerupakanpenelitian quasi eksperimen dengandesainpenelitiannonequivalent control group design. Sampelpenelitianadalahsiswakelas XI MIPA SMA Negeri 2 Malang Tahunpelajaran 2016/2017.Jumlahsiswakelaseksperimen 57 siswadankelaskontrol 57 siswa. Instrumen yang digunakanadalahtespenguasaankonsep yang berbentukpilihangandadenganjumlah 20 butirsoal sedangkantespenalaranilmiahdiadaptasidari LCTSR 2000.Reliabilitashasilujicobainstrumenpenguasaankonsep 0 70danpenalaranilmiah 0 74.Data hasiltesdianalisisdenganstatistikinferensialMancovadengankovariatkemampuanawalpenalaranilmiah. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa Penguasaankonsepdanpenalaranilmiahsiswasiswakelas yang menerapkanpembelajaranCollaborative Inquiry Learninglebihtinggidaripadakelas yang menerapkanpembelajarankonvensionaldenganpengontrolkemampuanawalpenalaranilmiahsiswa. HasilujiMancovamenunjukkannilaiFhit 22 23lebihbesardariFtab 3 39danjuganilaisignifikansi 0 000 lebihkecildari 945 0 05.Pembelajaran CIL dapatmembantusiswauntukmengkonstruksipengetahuandenganberkolaborasidalammembuatrumusanmasalah membuathipotesis mengujihipotesisdenganmelakukanpercobaan. Pembelajaran CIL dapatmembuatsiswaaktifuntukmengemukakanpendapatdanmembangunkemampuanberkomunikasi. Pembelajaran CILinidapatmembangunpenalaranilmahsiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59843

Actions (login required)

View Item View Item