Pipbiyanti, Evi (2017) Pengaruh collaborative inquiry learning terhadap penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa pada materi fluida statis / Evi Pipbiyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pipbiyanti Evi. 2016. PengaruhCollaborative Inquiry LearningterhadappenguasaanKonsepdanPenalaranIlmiahsiswapadamateriFluidaStatis. Tesis. Program StudiPendidikanFisika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1)DrSentotKusairi M.Si (2)DrWartono M.Pd Kata Kunci collaborative inquiry learning penalaranilmiah penguasaankonsep Pembelajaranfisikadiarahkan agar siswadapatmengkonstruksipengetahuannyasendirisehinggameningkatkanpenguasaankonsepdanmelatihpenalaranilmiah.Usaha untukmengatasikendaladalammengembangkanpenguasaankonsepdanpenalaranilmiahadalahdenganpembelajaran yang tepat.Salah satu yang diterapkanadalahCollaborative Inquiry Learning(CIL).TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpembelajaranCILterhadappenguasaankonsepdanpenalaranilmiahsiswapadamaterifluidastatis. Penelitianinimerupakanpenelitian quasi eksperimen dengandesainpenelitiannonequivalent control group design. Sampelpenelitianadalahsiswakelas XI MIPA SMA Negeri 2 Malang Tahunpelajaran 2016/2017.Jumlahsiswakelaseksperimen 57 siswadankelaskontrol 57 siswa. Instrumen yang digunakanadalahtespenguasaankonsep yang berbentukpilihangandadenganjumlah 20 butirsoal sedangkantespenalaranilmiahdiadaptasidari LCTSR 2000.Reliabilitashasilujicobainstrumenpenguasaankonsep 0 70danpenalaranilmiah 0 74.Data hasiltesdianalisisdenganstatistikinferensialMancovadengankovariatkemampuanawalpenalaranilmiah. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa Penguasaankonsepdanpenalaranilmiahsiswasiswakelas yang menerapkanpembelajaranCollaborative Inquiry Learninglebihtinggidaripadakelas yang menerapkanpembelajarankonvensionaldenganpengontrolkemampuanawalpenalaranilmiahsiswa. HasilujiMancovamenunjukkannilaiFhit 22 23lebihbesardariFtab 3 39danjuganilaisignifikansi 0 000 lebihkecildari 945 0 05.Pembelajaran CIL dapatmembantusiswauntukmengkonstruksipengetahuandenganberkolaborasidalammembuatrumusanmasalah membuathipotesis mengujihipotesisdenganmelakukanpercobaan. Pembelajaran CIL dapatmembuatsiswaaktifuntukmengemukakanpendapatdanmembangunkemampuanberkomunikasi. Pembelajaran CILinidapatmembangunpenalaranilmahsiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59843 |
Actions (login required)
View Item |