Pengaruh strategi think pair share pada pembelajaran guided inquiry terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kawedanan / Agus Hadi Nuryanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi think pair share pada pembelajaran guided inquiry terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kawedanan / Agus Hadi Nuryanto

Nuryanto, Agus Hadi (2017) Pengaruh strategi think pair share pada pembelajaran guided inquiry terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kawedanan / Agus Hadi Nuryanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuryanto Agus Hadi. 2016. Pengaruh Strategi Think Pair Share pada Pem-belajaran Guided Inquiry terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Ke-mampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kawedanan. Te-sis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Parno M.Si. (2) Dr. Wartono M.Pd. Kata kunci think pair share guided inquiry penguasaan konsep kemampuan berpikir kritis. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa guided inquiry mampu me-ningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis. Pembelajaran guided inquiry akan lebih efektif jika dilakukan secara kooperatif. Oleh karena itu penting memasukkan startegi think pair share ke dalam sintaks guided inquiry dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dan memaksimalkan hasil diskusi. Strategi think memberikan waktu untuk membangun kerangka pikir masalah yang akan diselidiki. Strategi pair memberikan kesempatan siswa men-curahkan hasil pemikiran secara verbal kepada pasangannya dan strategi share memberikan waktu untuk menyampaikan kesimpulan hasil penyelidikan kepada seluruh siswa di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi think pair share pada pembelajaran guided inquiry terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest and posttest control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ka-wedanan berjumlah 34 siswa setiap kelas. Pemilihan kelas dilakukan secara acak sehingga diperoleh satu kelas eksperimen satu yang diberi strategi think pair share pada pembelajaran guided inquiry satu kelas eksperimen dua yang diberi pembelajaran guided inquiry tanpa strategi think pair share dan satu kelas kontrol yang diberi pembelajaran konvensional. Instrumen pengukuran dalam penelitian ini adalah tes penguasaan konsep fisika (r 0 68) dan tes kemampuan berpikir kritis ( 945 0 78) dan instrumen perlakuannya berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran materi suhu dan kalor. Uji prasyarat normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas varian menggunakan uji Bartlett. Pengujian hipotesis menggunakan MANOVA satu jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Lebih lanjut didapatkan bahwa penguasaan konsep fisika siswa yang belajar dengan strategi strategi think pair share pada pembelajaran guided inquiry lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar tanpa strategi think pair share dan lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan pem-belajaran konvensional. Kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan strategi think pair share pada pembelajaran guided inquiry lebih tinggi dibanding-kan siswa yang belajar tanpa strategi think pair share dan lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa stra-tegi think pair share pada pembelajaran guided inquiry mempunyai pengaruh positif terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59842

Actions (login required)

View Item View Item