Pengaruh guided inquiry berbantuan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep fluida dan keterampilan kerja ilmiah siswa SMKN 1 Panji Situbondo / Siti Juwariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh guided inquiry berbantuan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep fluida dan keterampilan kerja ilmiah siswa SMKN 1 Panji Situbondo / Siti Juwariyah

Juwariyah, Siti (2017) Pengaruh guided inquiry berbantuan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep fluida dan keterampilan kerja ilmiah siswa SMKN 1 Panji Situbondo / Siti Juwariyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Juwariyah Siti.2016. Pengaruh Guided Inquiry Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fluida dan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMKN 1 Panji Situbondo. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Supriyono Koes H. M.Pd MA (2) Dr. Eny Latifah M.Si. Kata Kunci guided inquiry keterampilan kerja ilmiah laboratorium virtual penguasaan konsep. Sejauh ini masih banyak kendala dalam mencapai penguasaan konsep dan keterampilan kerja ilmiah sebagai tujuan pembelajaran fisika. Penggunaan pendekatan ilmiah dalam pembelajaran fisika sangat erat kaitannya dengan laboratorium untuk eksperimen karena fisikawan menemukan ilmu fisika melalui eksperimen. Kenyataannya berdasarkan studi awal di SMKN 1 Panji Situbondo siswa mengganggap materi fluida sebagai sesuatu yang abstrak dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya dengan eksperimen. Oleh karena itu diusulkan pembelajaran guided inquiry berbantuan laboratorium virtual dengan tujuan agar siswa dapat mengoptimalkan penguasaan konsep fluida dan keterampilan kerja ilmiah. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain penelitian Non-equivalent control-group design. Instrumen penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu instrumen pelaksanaan dan instrumen pengukuran. Instrumen pelaksanaan terdiri dari silabus rencana pelaksanaan pembelajaran lembar kerja Siswa. Instrumen pengukuran terdiri dari 15 soal pilihan ganda untuk mengukur pengetahuan awal serta penguasaan konsep dan 6 soal uraian untuk mengukur keterampilan kerja ilmiah. Analisis penelitian menggunakan MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan dengan mengontrol pengetahuan awal penguasaan konsep fisika siswa yang belajar dengan pembelajaran guided inquiry berbantuan laboratorium virtual lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran kovensional. Hal ini dikarenakan dalam penerapan model guided inquiry berbantuan laboratorium virtual melibatkan peranan siswa dalam proses mempelajari konsep dan mendalami materi fluida dengan terlibat langsung dalam eksperimen sehingga penguasaan konsep akan bertahan lebih lama atau lebih mudah di ingat dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian yang kedua dengan mengontrol pengetahuan awal keterampilan kerja ilmiah siswa yang belajar dengan pembelajaran guided inquiry berbantuan laboratorium virtual lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dikarenakan keterampilan kerja ilmiah dapat dilatihkan pada siswa disetiap fase pembelajaran guided inquiry berbantuan laboratorium virtual. Pembelajaran ini lebih mengedepankan kemampuan siswa dalam menemukan masalah dan memecahkannya melalui pengalaman sendiri (eksperimen) serta tidak menjadikan guru sebagai pusat pemecah masalah melainkan menjadikan guru sebagai fasilitator dan pembimbing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59841

Actions (login required)

View Item View Item