Penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran matematika kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Fuad Prahastomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran matematika kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Fuad Prahastomo

Prahastomo, Fuad (2015) Penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran matematika kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Fuad Prahastomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prahastomo Fuad. 2015. Penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Matematika Kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci Penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) Berdasarkan observasi di kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar diketahui bahwa guru menggunakan metode ceramah siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran strategi dan pemberian tugas yang diberikan guru tidak menarik. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa rendah sehingga perlu diadakan tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru dengan model TAI pada pembelajaran matematika dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model TAI berdasarkan perencanaan yang telah dibuat guru pada pembelajaran matematika tentang perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan catatan lapangan sedangkan instrumennya berupa lembar observasi lembar wawancara dan lembar catatan lapangan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TAI pada matematika di kelas II sudah sangat baik. Hal ini didukung dengan sudah munculnya semua aspek/komponen model TAI pada saat pembelajaran berlangsung. Hal itu juga diikuti dengan adanya perencanaan pembelajaran yang dibuat guru dalam bentuk RPP dengan menerapkan model TAI pada pembelajaran Matematika pada pokok bahasan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka dikelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar persentase pembelajaran I sebesar 82% kualifikasi baik dan hasil persentase pembelajaran II sebesar 91% kualifikasi sangat baik. Dan pada pelaksanaan pembelajaran guru menerapkan model TAI dilaksanakan dengan baik sesuai dengan sintak model tersebut persentase pembelajaran I sebesar 81% kualifikasi baik sedangkan hasil dari persentase pembelajaran II sebesar 93% kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru kelas II SDN Karangtengah 4 untuk menggunakan model Pembelajaran TAI yang menyajikan pembelajaran yang lebih banyak memberdayakan siswa dalam proses pembelajaran dan guru bertindak sebagai fasilitator menciptakan suasana yang menyenangkan agar siswa dapat mengembangkan konsep yang diterima secara berdiskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5984

Actions (login required)

View Item View Item