Kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep peserta didik SMA pada topik suhu dan kalor melalui strategi pembelajaran cognitve apprenticeship / Imam Maksum Al Maliki

Al Maliki, Imam Maksum (2017) Kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep peserta didik SMA pada topik suhu dan kalor melalui strategi pembelajaran cognitve apprenticeship / Imam Maksum Al Maliki. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al Maliki, Imam Maksum. 2016. KemampuanPemecahanMasalahdanPenguasaanKonsepPesertaDidikSMA padaTopikSuhudanKalorMelaluiStrategiPembelajaranCognitive Apprenticeship. Tesis.Program StudiPendidikanFisika, PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. ArifHidayat, M.Si. (II) Dr. Sutopo, M.Si. Kata kunci: kemampuanpemecahanmasalah, penguasaankonsep, suhudankalor, strategipembelajarancognitiveapprenticeship Kemampuanpemecahanmasalahdanpenguasaaankonsepmerupakanatribut yang sangatpentingdalambelajarfisika.Olehkarenaitumembelajarkannyakepadapesertadidikmelaluipembelajaran yang sesuaimenjadihal yang penting.Salah satustrategipembelajaran yang dapatdigunakanuntukmembelajarkansuatuketerampilan/kemampuanadalahstrategipembelajarancognitive apprenticeship.Diharapkanpenerapanstrategipembelajarantersebutdalamkelasdapatmembantupesertadidikmengembangkankemampuanpemecahanmasalahdanmemahamikonsepilmiah.Penelitianinibertujuanuntukmengidentifikasikemampuanpemecahanmasalahdanpenguasaankonseppesertadidikpadatopiksuhudankalormelaluipembelajarancognitive apprenticeship. Metodepenelitian yang digunakanadalahmixed-method embedded experimental model. Subjekpenelitianadalahpesertadidikkelas X MIPAC2 SMAN 9 Malang tahunajaran 2015/2016 yang berjumlah 19 orang.Instrumenpenelitianterdiridarisilabus, RPP, LKS, teskemampuanpemecahanmasalah, tespenguasaankonsep, lembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran, dancatatanlapangan. Data kuantitatifdianalisismenggunakanujibedaWilcoxon Signed Rank, ujieffect size danuji N-Gain, sedangkan data kualitatifdianalisismelaluireduksi data, menyajikan, danmenyimpulkan Hasilpenelitianmenunjukkan : (1) Penguasaankonseppesertadidikpadatopiksuhudankalormelaluipembelajarancognitive apprenticeship mengalamipeningkatansignifikandenganN-Gain skor rata-rata sebesar 0,39 (kategorisedang), dannilaieffect sizesebesar -1.98 (kategorisangatkuat); (2) Sebagianbesarpesertadidikdapatmengubahkonsepsi-konsepsinya yang salahpadasaatposttest; (3) Kemampuanpemecahanmasalahpesertadidikpadatopiksuhudankalormelaluipembelajarancognitive apprenticeship mengalamipeningkatansignifikandenganN-Gain skor rata-ratasebesar 0,53 (kategorisedang), dannilaieffect sizesebesar -2.57 (kategorisangatkuat); (4) Kemampuanpemecahanmasalahpesertadidiksecaraumummengalamiperubahanpositifbaikpadatahapuseful description, physics approach, mathematical procedure, maupunlogicalprogression; (5) Penguasaankonsepdankemampuanpemecahanmasalahpesertadidikberhubungannyatadansignifikandengankoefisienkorelasisebesar 0.782 (signifikansi 0.000 < 0.05).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59839

Actions (login required)

View Item View Item