Perubahan konseptual mahasiswa pada topik kemagnetan melalui penggunaan program umpan balik / Reny Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perubahan konseptual mahasiswa pada topik kemagnetan melalui penggunaan program umpan balik / Reny Mufidah

Mufidah, Reny (2017) Perubahan konseptual mahasiswa pada topik kemagnetan melalui penggunaan program umpan balik / Reny Mufidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Reny Mufidah. 2017. Perubahan Konseptual Mahasiswa pada Topik Kemagnetan Melalui Penggunaan Program Umpan Balik. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si (II) Dr. Wartono M.Pd Kata Kunci kemagnetan perubahan konseptual Perbedaan konseptual setiap siswa harus diatas agar tidak terjadi miskonsepsi yang berkepanjangan pada siswa. Konsep-konsep pada materi kemagnetan yang kompleks dan abstrak serta menekankan kemampuan mengaitkan antar konsep sehingga sering terjadi perbedaan konsepsi pada siswa. Program umpan balik dihadirkan sebagai salah satu alat belajar untuk menguatkan konsep dan mengatasi permasalahan perbedaan konsepsi siswa. Penelitian bertujuan mengeksplorasi penggunaan program umpan balik terhadap perubahan konseptual dan menguatkan konsep kemganetan siswa secara mendalam. Penelitian menggunakan rancangan penelitian mixed method dengan desain embedded experimental. Subjek penelitian terdiri atas 13 mahasiswa pendidikan fisika Universitas Negeri Malang yang mengambil matakuliah Fisika Dasar III pada semester genap tahun akademik 2015/2016. Perubahan konseptual yang dialami siswa ditinjau melalui dua pendekatan yakni secara kualitatif dan kuantitatif yang didasarkan pada hasil tes siswa. Analisis kualitatif memaparkan perubahan penguasaan konsep siswa sedangkan analisis kuantitatif menekankan hasil statistik perubahan konseptual siswa. Tingkat penguasaan siswa dianalisis menggunakan perhitungan statistik n-gain dan non-parametric wilcoxon. Disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut (1) terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil tes konseputual siswa materi kemagnetan dengan nilai signifikansi 0.001 menggunakan uji non-parametric wilcoxon dan n-gain ternormalisasi 0 3 (sedang) (2) mahasiswa telah mampu memperbaiki pemahamannya terkait arah gaya magnet yang bekerja pada partikel (3) mahasiswa mampu memperbaiki pemahaman terkait gaya magnet tidak merubah besar kelajuan hanya merubah arah namun masih terdapat beberapa mahasiswa yang kesulitan memperbaiki konsep medan magnet yang dihasilkan oleh dua kawat berarus (4) mahasiswa mengalami kesulitan dalam topik torka terutama dalam menentukan besar dan arah torka pada loop berarus dalam medan magnet homogen (5) sebagian kecil mahasiswa yang mampu memperbaiki pemahamannya terkait efek hall dan hukum ampere. Adanya penggunaan program umpan balik hanya memiliki pengaruh dan peningkatan sedikit pada mahasiswa dalam memperbaiki pemahaman kemagnetan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59838

Actions (login required)

View Item View Item