Pengaruh thought experiment terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI SMA berpengetahuan awal tinggi dan rendah / Ahmad Kunari Limantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh thought experiment terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI SMA berpengetahuan awal tinggi dan rendah / Ahmad Kunari Limantoro

Limantoro, Ahmad Kunari (2017) Pengaruh thought experiment terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI SMA berpengetahuan awal tinggi dan rendah / Ahmad Kunari Limantoro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Limantoro Ahmad. Kunari. 2016. Pengaruh Thought Experiment terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Berpengetahuan Awal Tinggi dan Rendah. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhardjito M.S. (2) Nandang Mufti S.Si. M.T. Ph.D. Kata kunci thought experiment pemahaman konsepfisika pengetahuan awal. Peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep fisika sehingga desain pembelajaran yang tepat diperlukan untuk mengoptimalkan pemahaman konsep fisika. Keberhasilan proses belajar fisika sangat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan dan pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik.Thought experiment dapat digunakan untuk mengoptimalkan pemahaman konsep fisikayang menuntut kemampuan berpikir abstrak. Penelitian ini memiliki sejumlah tujuan. Pertama mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep fisika kelompok peserta didik yang belajar melalui pembelajaran konseptual-thought experiment dengan kelompok peserta didik yang belajar melalui pembelajaran langsung. Kedua mengetahui ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran (pembelajaran konseptual-thought experiment dan pembelajaran langsung) dan pengetahuan awal (tinggi dan rendah) terhadap pemahaman konsep fisika. Ketiga mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep fisika bagi peserta didik berpengetahuan awal tinggi yang belajar melalui pembelajaran konseptual-thought experiment dan yang belajar melalui pembelajaran langsung. Keempat mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep fisika bagi peserta didik berpengetahuan awal rendah yang belajar melalui pembelajaran konseptual-thought experiment dan yang belajar melalui pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain faktorial 2 x 2. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMAN Singosari. Pesertadidik kelas XI MIA 2 4 dan 5 adalah kelompok kelas eksperimen serta kelas XI MIA 1 dan 3 adalah kelompok kelas kontrol.Jumlah total pesertadidikadalah 179. Instrumentes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan awal dan tes pemahaman konsepfisika yang berbentuk soal pilihan ganda. Reliabilitas tes pengetahuan awal sebesar 0 741 dan tes pemahaman konsep fisika sebesar 0 637. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial dengan analisis anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)terdapat perbedaan pemahaman konsep fisikapeserta didik yang belajar melalui pembelajaran konseptual-thought experiment dan yang belajar melalui pembelajaran langsung. (2) Pemahaman konsep fisika peserta didik lebih tinggi jika belajar melalui pembelajaran konseptual-thought experimentdibandingkan dengan yang belajar melalui pembelajaran langsung. (3)Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik. (4) Pemahaman konsep fisika peserta didik berpengetahuan awal tinggi tidak lebih tinggi jika belajar melalui pembelajaran konseptual-thought experimentdaripada yang belajar melalui pembelajaran langsung. (5) Pemahaman konsep fisika peserta didik berpengetahuan awal rendah lebih tinggi jika belajar melalui pembelajaran konseptual-thought experiment daripada yang belajar melalui pembelajaran langsung.Temuanpenelitianini mendukungkesimpulanbahwathought experimentmemberikandampakpositifterhadappemahamankonsepfisika yang bersifatabstrak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59837

Actions (login required)

View Item View Item