Wijaya, Charisma Pramuda (2016) Diagnosis kesulitan siswa SMA dalam memecahkan masalah fluida statis dan upaya mengatasi dengan scaffolding / Charisma Pramuda Wijaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wijaya Charisma Pramuda. 2016. Diagnosis Kesulitan Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Fluida dan Upaya Mengatasinya dengan Scaffolding. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Supriyono Koes H. M.Pd. M.A (2) Dr. Muhardjito M.S Kata Kunci diagnosis kesulitan pemecahan masalah fluida statis scaffolding Pemecahan masalah sebagai salah satu sebuah kemampuan dasar merupakan keluaran penting dalam pembelajaran. Siswa masih mengalami kesulitan pada proses pemecahan masalah. Diperlukan upaya untuk diperlukan untuk mencari letak kesulitan dan cara mengatasi kesulitan tersebut. Proses tersebut dapat dilakukan dengan melakukan diagnosis terhadap siswa serta upaya mengatasi kesulitan dapat dilakukan dengan memberikan scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan dan upaya mengatasi kesulitan siswa SMA dalam memecahkan masalah Fluida Statis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang dilakukan pada 4 siswa kelas X B2 SMAN 4 Malang. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposing sampling. Data penelitian diambil oleh peneliti dengan memberikan soal pemecahan masalah Fluida Statis kepada 4 siswa dengan teknik think-aloud selanjutnya peneliti mengidentifikasi kesulitan yang dialami oleh subjek penelitian yang diikuti dengan pemberian scaffolding berdasarkan kesulitan yang ditemukan. Data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesulitan yang ditemui subjek penelitian dalam memecahkan masalah fluida statis yaitu (1) kesulitan dalam persamaan Fapung yaitu menggunakan 961 benda yang seharusnya menggunakan 961 fluida (2) kesulitan dalam menggunakan hukum tepat untuk memecahkan masalah yaitu tidak melibatkan atau wbenda dalam mencari abenda dari persamaan Hukum 2 Newton (3) Kesulitan dalam persamaan yaitu pada 8721 F antara Fapung benda dan wbendapada persaaman Hukum 2 Newton (4) kesulitan konsep yaitu pada kedalaman pada pokok bahasan Konsep Tekanan Hidrostatis. Upaya yang diberikan peneliti untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah memberikan scaffolding (1) question prompts domain khusus (2) simulasi dan (3) parallel modelling. Adapun saran yang diberikan dari penelitian ini adalah pentingnya pendidik untuk mendiagnosis kesulitan yang dialami oleh siswa sehingga segera dilakukan upaya yang tepat untuk mengatasi tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |