Pola penalaran ilmiah dan kemampuan penyelesaian masalah sintesis materi kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi melalui pembelajaran discovery learning berbantuan scaffolding konseptual / Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola penalaran ilmiah dan kemampuan penyelesaian masalah sintesis materi kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi melalui pembelajaran discovery learning berbantuan scaffolding konseptual / Nurhayati

Nurhayati (2016) Pola penalaran ilmiah dan kemampuan penyelesaian masalah sintesis materi kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi melalui pembelajaran discovery learning berbantuan scaffolding konseptual / Nurhayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhayati. 2016. Pola Penalaran Ilmiah dan Kemampuan Penyelesaian Masalah Sintesis Materi Kesetimbangan Benda Tegar dan Dinamika Rotasi melalui Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Scaffolding Konseptual. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Nandang Mufti M.T. Ph.D Kata kunci pola penalaran ilmiah penyelesaian masalah sintesis kesetimbangan benda tegar Pola penalaran ilmiah dan kemampuan penyelesaian masalah sintesis dibu-tuhkan dalam mempelajari materi fisika sebab menekankan kaitan antar konsep. Salah satu materi yang menekankan kaitan konsep adalah kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi. Berdasarkan studi lapangan yang dilakukan di SMA Negeri 7 Malang SMA Brawijaya Smart School Malang dan SMA Panjura Ma-lang siswa mengalami kesulitan memahami persamaan memahami konsep serta kaitan dengan persamaan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan perubahan ka-tegori pola penalaran ilmiah siswa tingkat kemampuan penyelesaian masalah sintesis fisika dan mengetahui hubungan antara pola penalaran ilmiah dan ke-mampuan penyelesaian masalah sintesis fisika materi kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian mixed methoddengan desain embedded experimental. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas dan tidak ada upaya untuk memanipulasi varibel perlakuan yang diberikan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan dan pengukuran. Perubahan pola penalaran ilmiah siswa ditinjau melalui dua pendekatan yakni secara kualitatif dan kuantita-tif yang didasarkan pada hasil tes siswa. Analisis kualitatif memaparkan perubah-an kategori pola penalaran sedangkan analisis kuantitatif menekankan representa-si perubahan pola penalaran berdasar grafik. Tingkatan kemampuan penyelesaian masalah sintesis fisika di analisis menggunakan perhitungan statistik n-gain dan uji t-berpasangan. Hubungan antara pola penalaran ilmiah dan kemampuan penye-lesaian masalah sintesis dianalisis menggunakan uji statistik non parametrik uji spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan kategori pola penalaran il-miah terjadi pada hampir semua materi kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi.Tingkat kemampuan penyelesaian masalah sintesis fisika sebelum selama dan sesudah pembelajaran mengalami peningkatan yang rendah. Secara umum tingkat kemampuan penyelesaian masalah sintesis fisika siswa adalah novice. Pola penalaran ilmiah dan kemampuan penyelesaian masalah sintesis fisika memiliki hubungan yang positif. Berdasarkan kondisi tersebut dibutuhkan adanya tes pe-ngetahuan awal dan miskonsepsi siswa sebelum menyampaikan materi. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59835

Actions (login required)

View Item View Item