Afwa, Ismi Laili (2016) Pertanyaan pembelajaran yang mendalam untuk meningkatkan penguasaan konsep kinematika mahasiswa tahun pertama / Ismi Laili Afwa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Afwa Ismi Laili. 2016.PertanyaanPembelajaran yangMendalamuntuk MeningkatkanPenguasaanKonsepKinematikaMahasiswaTahunPertama. Tesis ProgramStudiPendidikanFisika Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si. (II) Dr. EnyLatifah M.Si. Kata Kunci pemahamankonsep kinematika program deep learning question Banyakpenelitiansebelumnya yang mengungkapkankesullitansiswadalammemahamikonsep-konsepdasarkinematikadanmenerapkannyapadapemecahansoal. Untukmemfasilitasimahasiswamemahamikonsepkinematikasecarabaikdanmampumemecahkanpermasalahanfisikadalamberbagaikonteksdan format representasi melaluipenelitianinitelahdikembangkanprogrampendalamanmateriyang berisilatihan-latihansoaldisertaibalikansesegeramungkindandikemasdalambentuk program computer interaktif. Program yang dibuatdinamaiDeep Learning Question (DLQs). Penelitianinimenggunakanpendekatanmixed methoddengan desain embeded experimental untukmenggalisecaralengkapsubjekpenelitian.Subjekpenelitiansebanyak 35 mahasiswa S1 prodipendidikanfisikaUniversitasNegeri Malang.Sebelummenggunakan program mahasiswatelahmempelajarikonsep-konsepkinematikadikelasperkuliahan regular dandiberikanpretestsoalutama. Setelahpretestutama mahasiswamengerjakanpretestsoaltambahan. Tesutamamenggunakansoal-soalstandartfisikadasar 1 sedangkantestambahanmenggunakansoal-soal yang semuanyadihadirkanpada program DLQs. Proses mengerjakansoaltestambahandanutamadisertaidenganalasanjawaban.Selanjutnyamahasiswamenggunakan DLQs kemudiandiberikanposttestdaritesutamadantestambahan.Terdapatduaset data penelitian pretest-postestutamadantambahan. Data yang dianalisissecarakuantitatifadalahskorpenguasaankonsepdenganpaired sample t-test. Data yang dianalisissecarakualitatifadalahdarialasanjawabanmahasiswabaikpretestmaupunposttest. Hasilpenelitianmenunjukkanskorkemampuanpenguasaankonsepmahasiswameningkatsecarasignifikan (p 0 00)baikpadatesutamamaupuntestambahan. Effect sizedanN-Gainpadatesutamasecaraberurutansebesar 0.86(tinggi)dan0 29 (rendah)sedangkanpadatestambahansebesar 5.47 (sangattinggi)dan0.91(tinggi).Secarakeseluruhanlimakemampuanpenguasaankonsepmahasiswapadatesutama yang diujikanmeningkat.Urutankemampuanpenguasaankonsep yang meningkat paling kuatadalahkemampuanpenguasaankonsepkedua kesatu keempat ketigadankelima.Kemampuanpenguasaankonsepkelimakurangmeningkathalinidisebabkanisibalikan program DLQs hanyamenjelaskansecaraumummengenaiarahpercepatansesaatbelummenguatkanpenguasaankonsepmengenaiperanpercepatansentripetalterhadapv. Apabila v meningkat maka percepatan sentripetal juga meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59831 |
Actions (login required)
View Item |