Pertanyaan pembelajaran yang mendalam untuk meningkatkan penguasaan konsep kinematika mahasiswa tahun pertama / Ismi Laili Afwa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pertanyaan pembelajaran yang mendalam untuk meningkatkan penguasaan konsep kinematika mahasiswa tahun pertama / Ismi Laili Afwa

Afwa, Ismi Laili (2016) Pertanyaan pembelajaran yang mendalam untuk meningkatkan penguasaan konsep kinematika mahasiswa tahun pertama / Ismi Laili Afwa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afwa Ismi Laili. 2016.PertanyaanPembelajaran yangMendalamuntuk MeningkatkanPenguasaanKonsepKinematikaMahasiswaTahunPertama. Tesis ProgramStudiPendidikanFisika Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si. (II) Dr. EnyLatifah M.Si. Kata Kunci pemahamankonsep kinematika program deep learning question Banyakpenelitiansebelumnya yang mengungkapkankesullitansiswadalammemahamikonsep-konsepdasarkinematikadanmenerapkannyapadapemecahansoal. Untukmemfasilitasimahasiswamemahamikonsepkinematikasecarabaikdanmampumemecahkanpermasalahanfisikadalamberbagaikonteksdan format representasi melaluipenelitianinitelahdikembangkanprogrampendalamanmateriyang berisilatihan-latihansoaldisertaibalikansesegeramungkindandikemasdalambentuk program computer interaktif. Program yang dibuatdinamaiDeep Learning Question (DLQs). Penelitianinimenggunakanpendekatanmixed methoddengan desain embeded experimental untukmenggalisecaralengkapsubjekpenelitian.Subjekpenelitiansebanyak 35 mahasiswa S1 prodipendidikanfisikaUniversitasNegeri Malang.Sebelummenggunakan program mahasiswatelahmempelajarikonsep-konsepkinematikadikelasperkuliahan regular dandiberikanpretestsoalutama. Setelahpretestutama mahasiswamengerjakanpretestsoaltambahan. Tesutamamenggunakansoal-soalstandartfisikadasar 1 sedangkantestambahanmenggunakansoal-soal yang semuanyadihadirkanpada program DLQs. Proses mengerjakansoaltestambahandanutamadisertaidenganalasanjawaban.Selanjutnyamahasiswamenggunakan DLQs kemudiandiberikanposttestdaritesutamadantestambahan.Terdapatduaset data penelitian pretest-postestutamadantambahan. Data yang dianalisissecarakuantitatifadalahskorpenguasaankonsepdenganpaired sample t-test. Data yang dianalisissecarakualitatifadalahdarialasanjawabanmahasiswabaikpretestmaupunposttest. Hasilpenelitianmenunjukkanskorkemampuanpenguasaankonsepmahasiswameningkatsecarasignifikan (p 0 00)baikpadatesutamamaupuntestambahan. Effect sizedanN-Gainpadatesutamasecaraberurutansebesar 0.86(tinggi)dan0 29 (rendah)sedangkanpadatestambahansebesar 5.47 (sangattinggi)dan0.91(tinggi).Secarakeseluruhanlimakemampuanpenguasaankonsepmahasiswapadatesutama yang diujikanmeningkat.Urutankemampuanpenguasaankonsep yang meningkat paling kuatadalahkemampuanpenguasaankonsepkedua kesatu keempat ketigadankelima.Kemampuanpenguasaankonsepkelimakurangmeningkathalinidisebabkanisibalikan program DLQs hanyamenjelaskansecaraumummengenaiarahpercepatansesaatbelummenguatkanpenguasaankonsepmengenaiperanpercepatansentripetalterhadapv. Apabila v meningkat maka percepatan sentripetal juga meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59831

Actions (login required)

View Item View Item