Perubahan konseptual dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X SMA yang belajar dengan strategi konflik kognitif disertai formative feedback / Sri Nurul Wahidah Silung - Repositori Universitas Negeri Malang

Perubahan konseptual dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X SMA yang belajar dengan strategi konflik kognitif disertai formative feedback / Sri Nurul Wahidah Silung

Sri, Nurul Wahidah Silung (2016) Perubahan konseptual dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X SMA yang belajar dengan strategi konflik kognitif disertai formative feedback / Sri Nurul Wahidah Silung. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Silung Sri Nurul Wahidah. 2016. Perubahan Konseptual dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X SMA yang Belajar dengan Strategi Konflik Kognitif disertai Formative Feedback. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Dr. Siti Zulaikah M.Si. Keywords perubahan konseptual kemampuan pemecahan masalah fisika strategi konflik kognitif formative feedback. Miskonsepsi tentang konsep fisika perlu diperbaiki agar tidak menghambat penguasaan konsep dan keberhasilan belajar siswa. Miskonsepsi juga menyebabkan siswa lemah dalam memecahkan masalah fisika. Konsepsi siswa akan menjadi lebih baik bila siswa mengalami perubahan konseptual. Strategi konflik kognitif disertai formative feedback merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang mempromosikan perubahan konseptual. Strategi ini dapat memicu disekuilibrasi pada kognitif siswa untuk selanjutnya memperbaiki miskonsepsi. Strategi ini diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan konseptual dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi suhu dan kalor dengan strategi konflik kognitif disertai formative feedback. Penelitian ini menggunakan rancangan mixed method desain embedded experimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA A MAN 3 Malang terdiri dari 31 orang siswa pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan materi suhu dan kalor. instrumen penelitian terdiri dari silabus RPP tes three-tier tes pemecahan masalah lembar observasi pedoman wawancara dan angket. Data dianalisis menggunakan uji t-sampel berpasangan N-gain effect size reduksi data coding representasi data interpretasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi konflik kognitif disertai formative feedback berpengaruh terhadap perubahan konseptual siswa pada materi suhu dan kalor 2) perubahan konseptual siswa berupa perbaikan miskonsepsi berlangsung secara bertahap pada tiap tahapan strategi konflik kognitif disertai formative feedback 3) strategi konflik kognitif disertai formative feedback berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi suhu dan kalor 4) kemampuan pemecahan masalah fisika siswa mengalami perubahan menjadi lebih baik yakni siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah fisika tinggi setelah mengikuti strategi konflik kognitif disertai formative feedback.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59830

Actions (login required)

View Item View Item