Perubahan konseptual dan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran kolaboratif berbantuan real and virtual laboratory pada materi fluida statis / Iqlima Noor Akmala Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perubahan konseptual dan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran kolaboratif berbantuan real and virtual laboratory pada materi fluida statis / Iqlima Noor Akmala Dewi

Dewi, Iqlima Noor Akmala (2016) Perubahan konseptual dan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran kolaboratif berbantuan real and virtual laboratory pada materi fluida statis / Iqlima Noor Akmala Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Iqlima Noor Akmala. 2016. PerubahanKonseptualdanKeterampilan Proses SainsSiswadalamPembelajaranKolaboratifBerbantuanReal and Virtual LaboratorypadaMateriFluidaStatis. Tesis. Program StudiPendidikanFisika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SentotKusairi M.Si. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci pembelajarankolaboratif real andvirtual laboratory perubahankonseptual keterampilan proses sains. Miskonsepsiseringterjadipadasiswa. Siswamembawakonsepawalatauprakonsepsitentangsuatukonsepsebelumsiswatersebutmengikutipembelajaran di sekolah. Dibutuhkanpembelajaran yang dapatmembantusiswauntukmengurangimiskonsepsitersebut. Kurangnyapengalamansiswadalammelakukanpraktikumberdampakpadapemahamandanketerampilan proses sainssiswa. Penelitianinidilaksanakanuntukmengetahuiperubahankonseptualdanmelatihkanketerampilan proses sainssiswadenganmenggunakanpembelajarankolaboratifberbantuanrealand virtual laboratory. Penelitianinimenggunakanrancanganmixed methoddengandesainembedded. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas X MIA 2 SMAN 1 Bojonegoro. PenelitiandilakukanpadabulanMaret-April 2016. Instrumenpenelitianmeliputiperangkatpembelajaran (RPP) soalessaitesperubahankonseptualsiswa panduanwawancara danlembarobservasiuntukmengamati proses pembelajarandanmengukurketerampilan proses sainssiswa. Pengumpulan data dilakukandengantes observasi dokumentasiselamapembelajaran danwawancara. Padasaatpraktikumsiswamenggunakanvirtual laboratory yang dilakukansetelahmenggunakanreal laboratory. Analisisperubahankonseptualdilakukanberdasarkanrubrik. Jawaban pretest dan posttest siswakemudiandikategorikanmenjadipahamkonsep pahamsebagian spesifikmiskonsepsi dantidakpaham. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarankolaboratifberbantuanreal andvirtual laboratorydapatmembantusiswamengalamiperubahankonseptual yang ditandaidenganpenguasaankonsepsiswa yang meningkatdanmenurunnyatingkatkesulitansiswadalammemahamimaterifluidastatis. Selainitu penggunaanrealand virtual laboratory juga dapatmembantusiswauntukmengembangkanketerampilan proses sainssiswa. Keterampilan proses sains yang diamatiterdiriatas 6 indikatorantara lain berhipotesis melakukanpercobaan menginterpretasi data menggambargrafik menganalisis data danmengkomunikasikanhasil. Keterampilan proses sainssiswamengalamipeningkatanpadasetiappertemuan. Keterampilan yang menunjukkanpeningkatan paling tinggiadalahmembuatkesimpulandanketerampilan yang paling rendahadalahmembuatgrafik. Hasildari N-gain yaitusebesar 0.5 menunjukkanbahwasiswamengalamiperubahan yang cukupbesarsetelahdiberikanperlakuan. Hasildarieffect sizediperolehnilaisebesar 0.89 yang berartipenggunaanpembelajaranberdampakcukupbesarterhadappenguasaankonsepsiswa. Hal tersebut juga dibuktikandenganhasiluji-t berpasangan yang menunjukkanperbedaan yang signifikan. Nilaiposttestsiswamengalamikenaikandaripadanilaipretest. Perubahankonseptualsiswadalampembelajaranterjadipadafasetransformationdanreflection.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59827

Actions (login required)

View Item View Item