Kemampuan berpikir kritis siswa kelas X melalui model pembelajaran guidedf inquiry dengan link map pada materi Fluida Statis / Risa Agustin

Agustin, Risa (2016) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas X melalui model pembelajaran guidedf inquiry dengan link map pada materi Fluida Statis / Risa Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin, Risa. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Link Mappada Materi Fluida Statis. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si, (II) Dr. Wartono, M.Pd Kata kunci: model pembelajaran guided inquiry, link map, kemampuan berpikir kritis Berpikir kritis merupakan kekuatan berpikir yang haru dibangun pada siswa sehingga menjadi suatu kepribadian dari siswa untuk memecahkan segala persoalan di dalam kehidupannya. Kemampuan berpikir kritis sangat penting bagi siswa karena dengan kemampuan ini siswa mampu bersikap rasional dan memilih alternatif pilihan yang terbaik bagi dirinya. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis akan selalu bertanya pada diri sendiri dalam setiap menghadapi segala persoalannya untuk menentukan yang terbaik bagi dirinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis dalam pembelajaran guided inquiry denganlink map, dan pengaruh penerapan pembelajaranguided inquiry denganlink map terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis. Penelitian ini menggunakan rancangan mixed method model embedded experimental. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIA 1 MAN Sumenep yang terdiri dari 39 orang siswa pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Instrumen penelitian terdiri atas silabus, RPP, LKS, soal tes kemampuan berpikir kritis dan kuis. Data dianalisis secara kuantitatif, yaitu dengan menggunakan uji-t berpasangan, N-gain dan effect size. Data dianalisis pula secara kualitatif, yaitu melalui tahap reduksi data, pengodean, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa mengalami perkembangan kemampuan berpikir kritis dan indikator berpikir kritis yang tinggi yaitu mendefinisikan istilah secara kualitatif, mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi, membuat nilai-nilai pertimbangan, memfokuskan pertanyaan dan menginduksi serta mempertimbangkan hasil induksi secara logis; kemampuan berpikir kritis siswa meningkat di setiap pertemuan dengan n-gain 0,7 dalam kategori tinggimampu membuat siswa menjadi lebih percaya diri untuk berargumen dan bertanya ketika mengikuti pembelajaran dan guided inquiry dengan link map memberikan pengaruh atau efek yang cukup terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai d effect size 0,93.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59823

Actions (login required)

View Item View Item