Pengaruh scaffolding prosedural diagram V dalam group investigation terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar bagi siswa berpengetahuan awal tinggi dan rendah / Rizki Amelia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh scaffolding prosedural diagram V dalam group investigation terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar bagi siswa berpengetahuan awal tinggi dan rendah / Rizki Amelia

Amelia, Rizki (2016) Pengaruh scaffolding prosedural diagram V dalam group investigation terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar bagi siswa berpengetahuan awal tinggi dan rendah / Rizki Amelia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amelia Rizki. 2016. Pengaruh Scaffolding Prosedural Diagram V dalam Group Investigation terhadapKeterampilan Proses SainsdanPrestasiBelajarbagiSiswaBerpengetahuanAwalTinggidanRendah. Tesis.Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Supriyono Koes H. M.Pd MA (2) Dr. Muhardjito M.S. Kata Kunci Scaffolding Prosedural Diagram V Group Investigation Prestasi Belajar Pengetahuan Awal. Keterampilan proses sainssiswa SMA masihbelum optimal. Salah satufaktorpenyebabnyaadalahpembelajaran yang belummemfasilitasiperbedaanpengetahuanawalsiswa.Prestasibelajarsangateratkaitannyadenganpengetahuanawal.Berdasarkanhasil UN prestasibelajarsiswa SMA di kota Malang padamatapelajaranfisikamasihrendah sehinggadiperlukanstrategipembelajaran yang dapatmengoptimalkanprestasibelajarfisikasiswa. Scaffoldingprosedural diagram V dalamGroup Investigationdirancangdengantujuansiswadapatmengoptimalkanprestasibelajar.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengujiperbedaanketerampilan proses sainsdanprestasibelajarkelompoksiswa yang belajarmelaluistrategiScaffolding ProseduraldalamGroup Investigationdankelompoksiswa yang belajardenganGroup Investigation mengujiperbedaanketerampilan proses sainsdanprestasibelajarsiswa yang memilikitingkatpengetahuanawaltinggidankelompoksiswa yang memilikitingkatpengetahuanawalrendah danmengujiinteraksiantarastrategipembelajaran (scaffolding proseduraldalam GI dan GI) danpengetahuanawalsiswaterhadapketerampilan proses sainsdanprestasibelajarsiswa. Metodepenelitian yang digunakanpadapenelitianiniadalahmetodeeksperimensemu. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Two Factorial Design yang terdiridariduakelaseksperimendanduakelaskontrol. InstrumenpenelitianterdiridariRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) LembarKerjaSiswa (LKS) Scaffolding Proseduralberupa Diagram V tespengetahuanawal dantesprestasibelajar. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1) Keterampilan proses sainsdanprestasibelajarkelompoksiswa yang belajarmelaluistrategiScaffoldingProseduraldalamGroup Investigationlebihtinggidaripadakelompoksiswa yang belajardenganGroup Investigation (2) Keterampilan proses sainssiswa yang memilikitingkatpengetahuanawaltinggidankelompoksiswa yang memilikitingkatpengetahuanawalrendahadalahsama sedangkanprestasibelajarsiswa yang memilikitingkatpengetahuanawaltinggilebihtinggidaripadakelompoksiswa yang memilikitingkatpengetahuanawalrendah (3)Tidakterdapatinteraksiantarastrategipembelajarandanpengetahuanawalsiswaterhadapketerampilan proses sainssiswa namunterdapatinteraksiantarastrategipembelajarandanpengetahuanawalsiswaterhadapprestasibelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59821

Actions (login required)

View Item View Item