Analisis model mental dan penguasaan konsep siswa dengan permasalahan isomorfik pada dinamika gerak rotasi / Nadhiratul Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis model mental dan penguasaan konsep siswa dengan permasalahan isomorfik pada dinamika gerak rotasi / Nadhiratul Khasanah

Khasanah, Nadhiratul (2016) Analisis model mental dan penguasaan konsep siswa dengan permasalahan isomorfik pada dinamika gerak rotasi / Nadhiratul Khasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Analisis Model Mental dan Penguasaan Konsep Siswa dengan Permasalahan Isomorfik pada Dinamika Gerak Rotasi Nadhiratul Khasanah1 Wartono2 Lia Yuliati3 Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang E-mail nadhiratul.khasanah gmail.com Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan penguasaan konsep siswa dalam penyelesaian permasalahan isomorfik mendeskripsikan model mental siswa ketika menyelesaikan permasalahan isomorfik dan mengetahui hubungan antara kualitas model mental dan penguasaan konsep siswa dalam menyelesaikan permasalahan isomorfik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian mixed method dengan desain Embedded. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian pre-test dan post-test observasi wawancara dan dokumentasi foto. Hasil penelitian terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa ketika menyelesaikan permasalahan isomorfik. Perbedaan yang signifikan secara statistik ditunjukkan oleh hasil p-value pada uji Paired Sample Test. Jawaban siswa dianalisis secara kualitatif dan diperoleh hasil siswa dengan kategori Penguasaan Konsep Tinggi (PKT) Penguasaan Konsep Sedang (PKS) dan Penguasaan Konsep Rendah (PKR). Model mental siswa mencakup pola-pola jawaban siswa yang terdapat miskonsepsi dalam materi momen gaya momentum sudut dan momen inersia perubahan model mental siswa terhadap soal isomorfik dengan representasi verbal dan gambar perubahan model mental dari pre-test kuis dan post-test yang menunjukkan bahwa model mental mengalami perkembangan sesuai dengan informasi yang diperoleh. Berdasarkan pola jawaban siswa dikodekan menjadi tiga tipe kualitas model mental yaitu High Mental Model (HMM) Moderat Mental Model (MMM) dan Low Mental Model (LMM). Hasil penelitian tidak terdapat hubungan antara kualitas model mental dengan penguasaan konsep siswa ketika pre-test dan terdapat hubungan antara kualitas model mental dengan penguasaan konsep siswa ketika post-test yang ditunjukkan oleh hasil analisis Spearman Rank. Kata Kunci Model mental penguasaan konsep permasalahan isomorfik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59820

Actions (login required)

View Item View Item