Analisis implementasi kurikulum 2013 pada kelas V SDn Panggungrejo 04 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Lutfiya Hanifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi kurikulum 2013 pada kelas V SDn Panggungrejo 04 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Lutfiya Hanifah

Hanifah, Lutfiya (2015) Analisis implementasi kurikulum 2013 pada kelas V SDn Panggungrejo 04 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Lutfiya Hanifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanifah Lutfiya. 2015. Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Pada Kelas V SDN Panggungrejo 04 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Sugiharti M.Pd (2) Dra. Murtiningsih M.Pd Kata Kunci implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan asumsi yang berkembang di masyarakat guru mengalami banyak kesulitan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kesulitan-kesulitan itu kebanyakan dialami oleh guru yang baru menerapkan Kurikulum 2013 pada semester pertama. SDN Panggungrejo 04 telah menerapkan Kurikulum 2013 selama tiga semester. Akan tetapi pada kelas II dan V Kurikulum 2013 baru diterapkan selama satu semester. Penelitian ini difokuskan untuk memaparkan implementasi Kurikulum 2013 di kelas V SDN Panggungrejo 04. Adapun fokus penelitiannya adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran dan (3) penilaian pembelajaran. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah SDN Panggungrejo 04 Kepanjen dengan subyek penelitian adalah guru kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancaran dan analisis dokumen. Pengecekan keabsahan pada penelitian ini menggunakan kecukupan referensial dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru menyusun RPP bersama-sama dalam KKG dan perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru sebagian besar sudah sesuai dengan Permendikbud nomor 103 tahun 2014 (2) pelaksanaan pembelajaran sudah berusaha menerapkan pendekatan saintifik meningkatkan antusiasme dan pertisipasi peserta didik serta menekankan kebiasaan positif (3) penilaian pembelajaran yang dilakukan guru sudah menggunakan penilaian otentik dengan kriteria yang jelas akan tetapi penilaian sikap dilakukan bergilir pada lima peserta didik setiap harinya. Kendala yang dialami guru yaitu (1) banyaknya RPP yang harus dibuat (2) banyaknya penilaian yang harus dilakukan (3) sulit melakukan pembelajaran sesuai RPP (4) sulit melakukan penilaian sikap dan (5) sulit dalam melakukan rekapitulasi nilai. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 di SDN Panggungrejo 04 di kelas V sebagian besar sudah sesuai dengan konsep Kurikulum 2013 akan tetapi masih terdapat kendala yang dialami oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5982

Actions (login required)

View Item View Item