Rahmatiah, Rindu (2016) Pengaruh scaffolding konseptual dalam pembelajaran group investigation terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa SMA dengan pengetahuan awal berbeda / Rindu Rahmatiah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmatiah R. 2016. Pengaruh Scaffolding Konseptual dalam Pembelajaran Group Investigation terhadap Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA dengan Pengetahuan Awal Berbeda. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M. Pd. M. A. (II) Dr. Sentot Kusairi S. Pd. M. Si. Keywords scaffolding konseptual group investigation keterampilan proses sains prestasi belajar pengetahuan awal. Kurangnya keterampilan proses sains menurunnya prestasi belajar Fisika serta perbedaan tingkat pengetahuan awal siswa menuntut strategi pembelajaran yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan dapat menjembatani pengetahuan awal siswa dengan pengetahuan baru. Scaffolding merupakan salah satu bentuk pendampingan kognitif yang berupaya meningkatkan belajar melalui interaksi sosial dengan melibatkan pemahaman dan kebutuhan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi scaffolding konseptual dalam pembelajaran Group Investigation terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar Fisika siswa SMA dengan pengetahuan awal berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mataram. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling dengan total 77 orang siswa. Kelompok eksperimen belajar menggunakan strategi scaffolding konseptual dalam pembelajaran Group Investigation sedangkan kelompok kontrol belajar menggunakan pembelajaran Group Investigation. Siswa pada masing-masing kelompok dibagi menjadi dua kategori yaitu siswa dengan tingkat pengetahuan awal tinggi dan siswa dengan tingkat pengetahuan awal rendah. Multivariat Analisis Varian (Manova) Dua Jalur digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini adalah pertama tidak terdapat perbedaan keterampilan proses sains namun terdapat perbedaan prestasi belajar Fisika antara siswa yang belajar menggunakan strategi scaffolding konseptual dalam pembelajaran Group Investigation dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Group Investigation kedua terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan prestasi belajar Fisika antara siswa dengan tingkat pengetahuan awal berbeda dan ketiga terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa terhadap keterampilan proses sains siswa namun tidak terhadap prestasi belajar Fisika siswa. Saran yang dapat diberikan antara lain pertama guru disarankan memberikan perhatian yang lebih besar terutama saat siswa sedang berinteraksi dalam proses investigasi kelompok kedua perlu dilakukan wawancara lebih lanjut kepada siswa sebagai bahan analisis bentuk scaffolding konseptual yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa terutama untuk siswa dengan tingkat pengetahuan awal rendah dan ketiga penyusunan LKS dan scaffolding konseptual hendaknya lebih disesuaikan lagi dengan ZPD siswa baik secara individual maupun secara umum agar siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran sehingga diperoleh proses dan capaian hasil belajar yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59816 |
Actions (login required)
View Item |