Polonia, Betti Ses Eka (2016) Pengembangan bahan ajar multimedia impuls dan momentum berbentuk aplikasi mobile untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa / Betti Ses Eka Polonia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Polonia Betti Ses Eka. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Impuls Momentum Berbentuk Aplikasi Mobile untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Siti Zulaikah S.Pd M.Si. Kata Kunci bahan ajar multimedia aplikasi mobile pemahaman konsep Pergeseran paradigma belajar abad 21 menghendaki pembelajaran yangmengintegrasikan teknologiinformasi dalam pembelajaran. Pengintegrasian teknologi berkaitan dengan penggunaan media yang dapat menunjang keterlaksanaan pembelajaran.Selain media pembelajaran elemen lain yang dapat menunjang keterlaksanaan pembelajaran adalah bahan ajar.Berdasarkan studi lapangan dibutuhkan bahan ajar yang dapat memvisualisasikan konsep yang abstrak serta meningkatkan pemahaman konsep siswa.Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu pengintegrasian teknologi berupa penggunaan perangkat mobile dalam pembelajaran. Oleh sebab itu diperlukan penelitian dan pengembangan bahan ajar multimedia fisika. Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan produk yaitubahan ajar multimedia fisika berbentuk aplikasi mobile serta menguji kelayakan dan efektivitas bahan ajar multimedia. Penelitian dan pengembangan bahan ajar multimedia berbentuk aplikasi mobilemeliputi empat tahap pengembangan. Tahap pengembangan tersebut meliputi a) analisis kebutuhan b) pengembangan produk c) validasi dan uji coba dan d) penyebarluasan. Validasi produk melibatkan dua validator ahli. Produk diujicobakan pada10siswa dan seorang guru yang berkedudukan sebagai pengguna. Validator ahli memberikan penilaian kritik dan saran untuk perbaikan produk. Hasil penilaian angket validasi ahli memperoleh nilai rata-rata sebesar 3 32. Berdasarkan hasil validasi ahli tersebut dapat dikatakan bahwa bahan ajar multimedia fisika berbentuk aplikasi mobiletermasuk kriteria layak. Dalam uji efektivitas bahan ajar multimedia dengan responden 70 siswa diperoleh nilai t 19 587 dengan P-value 0 000. Hasil uji efektivitas tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep fisika siswa dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelebihan bahan ajar multimediayang dikembangkan adalah a) disusun berdasarkan materi dari silabus Kurikulum 2013 b) disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan guru c) dioperasikan melalui perangkat mobile secara offline sehingga dapat diakses setiap saat d) dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa e) terdapat penjelasan konsep fisika yang disajikandengan bahasa siswa yang mudah dipahami disertai ilustrasi(video animasi dan gambar). Kekurangan bahan ajar multimediayang dikembangkan adalahbelum dapat melaksanakan kriteria 5M pendekatan scientific berdasarkan kurikulum 2013 dan soal yang disajikan sebatas soal pilihan ganda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59814 |
Actions (login required)
View Item |