Pengaruh Authentic Problem Based Learning (APBL) terhadap penguasaan konsep fisika dan kreativitas siswa SMA pada materi usaha dan energi / Ardian Setya Adinugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Authentic Problem Based Learning (APBL) terhadap penguasaan konsep fisika dan kreativitas siswa SMA pada materi usaha dan energi / Ardian Setya Adinugraha

Adinugraha, Ardian Setya (2016) Pengaruh Authentic Problem Based Learning (APBL) terhadap penguasaan konsep fisika dan kreativitas siswa SMA pada materi usaha dan energi / Ardian Setya Adinugraha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adinugraha Ardian S. 2015. Pengaruh Authentic Problem Based Learning (APBL) terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A. (II) Dr. Eny Latifah M.Si. Kata Kunci aPBL penguasaan konsep kreativitas Penguasaan konsep fisika dan kreativitas siswa merupakan aspek penting yang perlu dikembangkan.Authentic Problem Based Learning (aPBL) dapat dijadikan strategi yang tepat dalam membangun penguasaan konsep fisika dan mengembangkan kreativitas siswa.APBL dirancang untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan dalam kejadian sehari-hari kemampuan untuk terus belajar yang diperlukan dalam menyelesaikan permasalahan dengan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat perbedaan penguasaan konsep fisika dan kreativitas siswa yang dikontrol penguasaan konsep dan kreativitas awalnya antara yang dibelajarkan dengan aPBL dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi dengan rancangannon-equivalent control-group design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik cluster samplingterdiri dari dua kelas yaitu XI MIA 6 (siswa yang dibelajarkan dengan aPBL) dan XI MIA 3 (siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional) masing-masing terdiri dari 40 siswa. Data penelitian ini adalah proses pembelajaran data penguasaan konsep dan kreativitas. Instrumen pengumpulan data berupa tes penguasaan konsep terdiri dari15 soal pilihan ganda tes kreativitas terdiri dari 4 soal uraian lembar observasi dan dokumentasi.Reliabilitas tes penguasaan konsep sebesar 0 66 dan tes kreativitas sebesar 0 58. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan Analysis of Covariance (ANCOVA) dengan pretest sebagai kovariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep fisika siswayang dikontrol penguasaan konsep awalnya antara yang dibelajarkan dengan aPBL dan pembelajaran konvensional F 5 13 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 03. Skor rata-rata penguasaan konsep fisika siswa yang dibelajarkan dengan aPBL sebesar 76 16 dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional sebesar 71 84.Hal ini berarti aPBL lebih meningkatkan penguasaan konsep fisika daripada pembelajaran konvensional. Penelitian ini juga mendapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan kreativitas siswayang dikontrol kreativitas awalnya antara yang dibelajarkan dengan aPBL dan pembelajaran konvensional F 18 24 dengan tingkat signifikansisebesar 0 00. Skor rata-rata kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan aPBL sebesar 9 27 dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional sebesar 8 15. Hal ini berarti aPBL lebih meningkatkan kreativitas siswa daripada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59810

Actions (login required)

View Item View Item