Puspitasari, Tyas Ajeng (2015) Pengaruh scaffolding konseptual dalam Group Investigation terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari pengetahuan awal pada materi kalor / Tyas Ajeng Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspitasari Tyas Ajeng. 2015. Pengaruh Scaffolding Konseptualdalam Group Investigation terhadapKeterampilanBerpikir Tingkat TinggiDitinjaudariPengetahuanAwalSiswapadaMateriKalor. Tesis. JurusanPendidikanFisika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SupriyonoKoes H M.A. M.Pd. (II) Prof. Dr. ArifHidayat M.Si Kata kunci Scaffolding konseptual Group Investigation KeterampilanBerpikir Tingkat Tinggi Pengetahuanawal. Meningkatkanketerampilanberpikirtingkattinggimenjadiupayapentingbidangpendidikan Indonesia dalammenghadapiarusglobalisasi.Pelajaranfisikadapatmenjadiwahanabagisiswauntukmengembangkanketerampilanberpikirtingkattinggi. Bantuanatauscaffolding diberikankepadasiswauntukmencapaihasilpembelajaran yang sebelumnyatidakdapatdicapaisecaramandiri. Scaffoldingkonseptualadalahjenisbantuanuntukmembangunkonsep yang telahdipelajari mengenalikonsep menambahstrukturuntukmelakukansesuatudanmemisahkandalamkategori-kategorikonsep.Dalampembelajaran di kelastidakmemungkinkanpemberianscaffolding secaraindividu. PenelitianinidilakukanuntukmencaripengaruhdariintegrasiscaffoldingkonseptualdalamGroup Investigations (GI) terhadapketerampilanberpikirtingkattinggi. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahuiapakahketerampilanberpikirtingkattinggisiswapadapembelajaranscaffoldingkonseptualdalamGIlebihtinggidibandingsiswapadapembelajaran GI (2) mengetahuiapakahketerampilanberpikirtingkattinggipadasiswaberpengetahuanawaltinggilebihtinggidibandingsiswaberpengetahuanawalrendah dan (3) mengetahuiinteraksistrategipembelajarandenganpengetahuanawalterhadapketerampilanberpikirtingkattinggi. Penelitianinimerupakanpenelitiankuasieksperimen dengandesainfaktorial 2 X 2. Populasipenelitianadalahsiswakelas X MIA SMAN 4 Malang TahunPelajaran 2014/2015 yang berjumlah 6 kelas. Sampelpenelitianmengambilduakelas yang berjumlahmasing-masing 34 siswa. Data dianalisismenggunakanstatistikdeksriptifdanstatistikinferensialdenganteknik ANAVA duajalur. Hasilpenelitianmenunjukkan (1) keterampilanberpikirtingkattinggiantarasiswapadapembelajaranscaffolding konseptualdalamGIlebihtinggidibandingkandengansiswapadapembelajaranGI (2) Tidakadaperbedaanketerampilanberpikirtingkattinggiantarasiswaberpengetahuanawaltinggidenganberpengetahuanawalrendah (3) adainteraksistrategipembelajarandanpengetahuanawalterhadapketerampilanberpikirtingkattinggi. SiswapadapembelajaranscaffoldingkonseptualdalamGImenunjukkanketerampilanberpikirtingkattinggi yang lebihdibandingsiswadalampembelajaran GI. Interaksiditunjukkanolehtingginyaketerampilanberpikirtingkattinggisiswadenganpengetahuanawaltinggidanbelajarddenganscaffoldingkonseptualdalam GI dibandingkelompoklainnya. Hasilinimenunjukkanpembelajaranscaffoldingkonseptualdalam GI denganmemperhatikanpengetahuanawalsiswamemilikipengaruhterhadapketerampilanberpikirtingkattinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59809 |
Actions (login required)
View Item |