Sofianto, Eko Wahyu Nur (2015) Pengaruh balikan formatif terintegrasi strategi pembelajaran diagram Vee terhadap penguasaan konsep siswa ditinjau dari kemampuan awal pada materi fluida statis suhu dan kalor / Eko Wahyu Nur Sofianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sofianto Eko Wahyu Nur. 2015. Pengaruh Balikan Formatif Terintegrasi Strategi Diagram Vee terhadap Penguasaan Konsep Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal pada Materi Fluida Statis Suhu dan Kalor. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M.Pd (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si Kata kunci balikan formatif diagram vee penguasaan konsep kemampuan awal Salah satu strategi pembelajaran berbasis kontruktivis adalah strategi Diagram Vee. Strategi pembelajaran Diagram Vee telah terbukti dapat membantu siswa menyelesaikan masalah fisika. Pada akhir pembelajaran dengan strategi Diagram Vee dapat diberikan balikan formatif kepada siswa untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Selain itu guru perlu memperhatikan kemampuan awal siswa agar pembelajaran fisika dapat bermakna. Penerapan balikan formatif dalam Diagram Vee ditinjau dari kemampuan awal siswa cocok untuk diterapkan pada materi fluida statis serta suhu dan kalor. Strategi tersebut diduga efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis serta suhu dan kalor. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) perbedaan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan Diagram Vee balikan formatif dibandingkan siswa yang belajar dengan Diagram Vee penugasan (2) perbedaan penguasaan konsep siswa yang berkemampuan awal tinggi dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan awal rendah dan (3) interaksi antara penilaian formatif dengan kemampuan awal terhadap penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Singosari tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa tes penguasaan konsep fluida statis serta suhu dan kalor yang diukur dengan 28 soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Analisis penguasaan konsep disatukan untuk memudahkan membaca penguasaan konsep. Pengukuran reliabilitas soal menggunakan program Anates dengan nilai 0 89. Analisis data menggunakan uji ANOVA Two Ways. Hasil penelitian pada materi fluida statis serta suhu dan kalor menunjukkan bahwa (1) penguasaan konsep siswa yang belajar dengan strategi Diagram Vee balikan formatif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan Diagram Vee penugasan (2) penguasaan konsep siswa berkemampuan awal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa berkemampuan awal rendah (3) tidak ada interaksi antara penilaian formatif dengan kemampuan awal terhadap penguasaan konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |