Pengembangan program diagnostik dan remedial berbasis multimedia interaktif untuk mengatasi miskonsepsi mahasiswa pada materi optika geometri / Fahmi Yahya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan program diagnostik dan remedial berbasis multimedia interaktif untuk mengatasi miskonsepsi mahasiswa pada materi optika geometri / Fahmi Yahya

Yahya, Fahmi (2015) Pengembangan program diagnostik dan remedial berbasis multimedia interaktif untuk mengatasi miskonsepsi mahasiswa pada materi optika geometri / Fahmi Yahya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yahya Fahmi. 2015. Pengembangan Program Diagnostikdan Remedial Berbasis Multimedia InteraktifuntukMengatasiMiskonsepsiMahasiswapadaMateriOptikaGeometri. Tesis Prodi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si. (II) Dr. SentotKusairi M.Si Kata Kunci diagnostik remedial multimedia interaktif miskonsepsi optikageometri Upayamengidentifikasidanmengatasimiskonsepsimahasiswacalon guru fisikapadamaterioptikageometriharusterusdilakukan. Berbagaimacamtesdiagnostikmiskonsepsi yang biasaditerapkan para dosenmasihdalambentuktestertulis. Kelemahantessemacaminiadalahwaktu yang dibutuhkanmemeriksahasiltestersebut yang cukup lama sehinggamahasiswatidakdapatmengetahuihasiltesnyasecaralangsung. Remedial yang biasadiberikanmasihbersifatklasikaldanbelummampumengakomodasiperbedaanmiskonsepsi yang dimilikisetiapmahasiswa. Penelitianinibertujuanuntukmengembangkan program diagnostikdan remedial berbasis multimedia interaktif (D R optikageometri). Penelitianinijuga mendeskripsikan tentangkelayakan program D R optikageometri dan juga melakukanujiefektivitas program D R optikageometridalammengidentifikasidanmengatasimiskonsepsimahasiswapadaoptikageometri. Jenispenelitian yang dilakukanadalahpenelitiandanpengembangan (Research and Depelopment) denganmengadaptasidesain Borg and Gall. Prosedur yang dilakukanantara lain studipendahuluan perencanaanproduk pengembanganprodukawal ujicobapendahuluan revisiprodukawal ujicobaterbatas revisiprodukoperasional danujicobaoperasional. Subjekujicobameliputidosendanmahasiswacalon guru fisika. Padaujicobapendahuluan data dikumpulkandaridua validator ahlimenggunakanangket. Sedangkanpadaujicobaterbatas data dikumpulkandarisepuluhmahasiswapengguna yang jugamenggunakanangket. Hasilangketdianalisismenggunakanteknikperhitungannilai rata-rata. Padaujicobaoperasional produkdiujicobakanpadamahasiswacalon guru fisika yang telahmendapatmaterioptikageometrimenggunakandesainpretest-postest control group. Berdasarkanpenilaian validator ahlipadaaspeksoaldiagnostik tampilan media danmateri remedial dapatdisimpulkanbahwa program D R optikageometrimemenuhikategorilayak. Lebihjauh penilaianmahasiswapenggunadalamujicobaterbatas jugadisimpulkanbahwa program D R optikageometrimemenuhikategorilayakuntukdigunakandalampembelajaran. Berdasarkanujiefektivitasproduk didapatkanbahwaterdapatpenurunanjumlahmiskonsepsipadakelaseksperimendankelaskontrol. Selainitu perhitungandenganmenggunakanuji Mann-Whitney menunjukkanbahwaterdapatperbedaanpenguasaankonsep yang signifikanpadakeduakelas dengankelaseksperimenlebihbaikdaripadakelaskontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59806

Actions (login required)

View Item View Item