Puspitasari, M. Dewi Manikta (2015) Pengaruh integral learning terhadap strategi pemecahan masalah dan penguasaan konsep materi kalor bagi siswa SMA / M. Dewi Manikta Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspitasari M.D.M. 2015. Pengaruh Integral Learning terhadap Strategi Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Materi Kalor bagi Siswa SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata kunci Strategi pemecahan masalah penguasaan konsep integral learning Strategi pemecahan masalah merupakan proses kognitif yang terjadi selama memecahkan masalah dalam penguasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemecahan masalah dan penguasaan konsep materi kalor pada pembelajaran fisika dengan integral learning. Penelitian ini menggunakan embedded design. Subjek penelitian ini terdiri atas 30 siswa. Instrumen yang digunakan ialah tes penguasaan konsep kuis dan wawancara. Tes penguasaan konsep terdiri atas 7 butir soal uraian untuk mengetahui strategi pemecahan masalah dan penguasaan konsep siswa sebelum dan sesudah materi diberikan. Kuis terdiri atas 2 butir soal uraian materi kalor yang dilaksanakan sebanyak tiga kali. Wawancara dilaksanakan setelah pelaksanaan postes. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan sequential data collection. Data kuantitatif diperoleh dari data nilai penguasaan konsep pada pretes dan postes. Data kualitatif diperoleh dari data strategi pemecahan masalah siswa pada pretes kuis postes. Teknik analisis data penelitian ini mengacu pada sequential data analysis. Analisis data kuantitatif dilakukan terlebih dahulu kemudian menganalisis data kualitatif untuk memperkuat data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemecahan masalah yang siswa lakukan dalam menyelesaikan masalah pada tujuh soal penguasaan konsep materi kalor sebelum penerapan integral learning adalah mapping mathematics to meaning physical mechanism game pictorial analysis dan transliteration to mathematics. Setelah penerapan integral learning siswa melakukan mapping mathematics to meaning physical mechanism game recursive plug and chug dan transliteration to mathematics. Strategi pemecahan masalah untuk menyelesaikan masalah selama penerapan integral learning pada submateri hubungan kalor dengan suhu benda dan wujudnya dilakukan siswa dengan dengan mapping mathematics to meaning physical mechanism game dan recursive plug and chug. Mapping meaning to mathematics mapping mathematics to meaning physical mechanism game dan transliteration to mathematics dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalah pada submateri azas Black. Siswa menyelesaikan masalah pada submateri perpindahan kalor dengan physical mechanism game dan transliteration to mathematics. Penguasaan konsep siswa pada materi kalor mengalami peningkatan dan perubahan setelah dilakukan perlakuan berupa integral learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |