Pengembangan model penilaian formatif berbantuan komputer menggunakan soal isomorfik untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa SMP / Indri Trisusiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model penilaian formatif berbantuan komputer menggunakan soal isomorfik untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa SMP / Indri Trisusiyanti

Trisusiyanti, Indri (2015) Pengembangan model penilaian formatif berbantuan komputer menggunakan soal isomorfik untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa SMP / Indri Trisusiyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Trisusiyanti Indri. 2015. Pengembangan Model Penilaian Formatif Berbantuan Komputer Menggunakan Soal Isomorfik untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata Kunci penilaian formatif komputer soal isomorfik penguasaan konsep Penilaian formatif berkaitan erat dengan aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Penilaian formatif digunakan untuk membantu siswa belajar. Apabila penilaian formatif dilakukan guru dapat memberikan materi sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga proses belajar siswa menjadi lebih intensif. Dengan terselenggaranya penilaian formatif siswa mendapat informasi perkembangan pengetahuannya. Penilaian formatif cenderung kurang terlaksana dengan baik. Pemberian penilaian formatif tidak jarang terabaikan dan pemberian penilaian sumatif menjadi fokus utama dalam pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan model penilaian formatif berbantuan komputer yang dapat mengaktifkan interaksi siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Prosedur yang digunakan mengadaptasi Prosedur Borg Gall. Pengembangan ini diawali dengan perancangan produk. Produk diuji kelayakannya oleh 2 validator yaitu validator ahli penilaian dan ahli media dan validator ahli materi. Data penilaian kelayakan berupa data kuantitatif menggunakan skala Likert dan data kualitatif berupa komentar/saran validator. Produk diimplementasikan kepada siswa kelas VIII di SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian berupa data kuantitatif diperoleh dengan pembandingan data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengujian efektifitas produk yaitu dengan menganalisis data postes. Produk pengembangan berupa multimedia interaktif yang kemudian dijalankan siswa secara online. Produk ini mengandung latihan soal yang berisi soal-soal isomorfik laporan pekerjaan siswa penjelasan visual sebagai materi remedial dan fasilitas pengiriman data ke alamat email guru. Apabila siswa belajar dengan menggunakan produk ini siswa dapat menguji kemampuan penguasaan konsep secara mandiri. Produk ini juga memberikan fasilitas untuk guru berupa pengiriman data pekerjaan siswa sehingga guru dapat mendeteksi kemampuan dan kelemahan siswa. Penggunaan produk pengembangan ini dalam pembelajaran dinilai cukup oleh validator karena produk ini memiliki kekurangan dalam ranah konstruksi dan ranah materi. Penerapan produk sebagai uji efektifitas menunjukkan hasil kurang efektif. Nilai rerata postes kelas eksperimen 8776 68 sedangkan nilai rerata postes kelas kontrol 8776 58. Nilai rerata postes kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rerata postes kelas kontrol sehingga membuktikan bahwa produk dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa tetapi terdapat beberapa kendala yang menyebabkan nilai postes kelas eksperimen sama dengan nilai ketuntasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59803

Actions (login required)

View Item View Item